geosurvey.co.id – Berikut jawaban atas pertanyaan tentang prinsip kurikulum mandiri.
Guru dapat menemukan pertanyaan-pertanyaan di atas di Platform Merdeka Mengajar (PMM).
Kunci jawaban dalam artikel ini hanya sebagai panduan bagi guru yang kesulitan menjawab pertanyaan serupa di PMM.
Pertanyaan: Berikut ini prinsip-prinsip kurikulum mandiri yaitu…
Menjawab:
Mengutip laman guru.kemdikbud.go.id, ada dua prinsip kurikulum mandiri yaitu prinsip pembelajaran dan prinsip penilaian.
Lihat di bawah untuk rincian Prinsip Kurikulum Independen.
1. Prinsip-prinsip pembelajaran
Pembelajaran merupakan interaksi antara siswa, guru dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar.
Prinsip pembelajaran Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut: Pembelajaran direncanakan dengan memperhatikan tahap perkembangan dan tingkat prestasi peserta didik sesuai dengan kebutuhan belajar serta mencerminkan perbedaan karakteristik dan perkembangan peserta didik. Dengan cara ini pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan. Pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kemampuan siswa menjadi pembelajar sepanjang hayat. Proses pembelajaran mendukung pengembangan kompetensi dan karakter siswa secara menyeluruh. Pembelajaran yang relevan, yaitu pembelajaran yang disesuaikan dengan konteks, lingkungan dan budaya peserta didik serta melibatkan orang tua dan masyarakat sebagai mitra. Pembelajaran diarahkan menuju masa depan yang berkelanjutan.
2. Prinsip Evaluasi
Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur prestasi belajar siswa.
Prinsip-prinsip penilaian meliputi: Penilaian merupakan bagian integral dari proses pembelajaran, memfasilitasi pembelajaran dan memberikan informasi holistik seperti umpan balik untuk membimbing guru, siswa dan orang tua/wali dalam memutuskan strategi pembelajaran selanjutnya. Penilaian dirancang dan dilaksanakan sejalan dengan fungsi penilaian, dengan kebebasan menentukan teknik dan waktu penilaian untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Penilaian dirancang agar adil, proporsional, valid dan dapat diandalkan untuk memperjelas kemajuan pembelajaran, untuk menentukan keputusan tentang langkah selanjutnya dan untuk dijadikan dasar untuk mengembangkan program pembelajaran yang tepat di masa depan. Laporan kemajuan dan kinerja pembelajaran siswa sederhana dan informatif dan memberikan informasi berguna tentang karakter dan keterampilan yang diperoleh serta strategi tindak lanjut. Hasil penilaian digunakan oleh siswa, guru, tenaga kependidikan dan orang tua/wali sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
(geosurvey.co.id/Nurkhasanah)