geosurvey.co.id – Simak contoh respon dari platform Merdeka Mengajar (PMM) berikut ini: “Bagaimana cara melihat akar permasalahan pada rapor pembelajaran otomatis yang sesuai dengan situasi pembelajaran? Satuan?”
Pertanyaan-pertanyaan tersebut terdapat pada Modul 2 Platform Merdeka Mengajar (PMM).
Unit pembelajaran modul 2 mencakup perencanaan berbasis data.
Pada artikel ini, contoh jawaban yang diberikan hanya sebagai pedoman atau acuan bagi guru yang kesulitan menjawabnya.
Jawaban setiap pertanyaan tidak didasarkan pada kunci jawaban pada contoh ini. Soal pasca ujian untuk Modul 2:
Metode apa yang dapat digunakan untuk melihat relevansi akar masalah pada rapor pembelajaran otomatis dengan konteks modul pelatihan?
A. Kajian Dokumen dan Observasi Langsung
B. Tanya sekolah lain
V. Lihat dokumen konfirmasi
D.Tanyakan pada supervisor. Menjawab:
A. Studi dokumen dan observasi langsung. Membahas:
Untuk melihat relevansi akar masalah yang terekam dalam laporan otomasi pendidikan dengan situasi di dinas pendidikan, langkah paling efektif adalah mempelajari dokumen terkait seperti laporan evaluasi dan analisis data yang ada maupun yang dihasilkan langsung. Observasi lapangan untuk memahami keadaan sebenarnya.
Hal ini membantu memastikan bahwa data laporan pembelajaran otomatis mencerminkan apa yang terjadi di sekolah sehingga tindakan tindak lanjut yang tepat dapat diambil.
Dengan mempelajari dokumen-dokumen yang relevan dan pengamatan langsung, Anda dapat memperoleh pemahaman yang jelas tentang kondisi lapangan dan apakah data dalam rapor pelatihan otomatis sesuai dengan kenyataan yang ada di unit pelatihan.
*) Penafian: Contoh jawaban dalam artikel ini hanya untuk guru yang menghadapi pertanyaan terkait di platform Merdeka Mengajar. Jawaban dapat disesuaikan dengan konteks setiap kegiatan pembelajaran.
(tribunenews.com/latifa)