geosurvey.co.id – PMM “Mengajar Lebih Baik Dalam Menilai Pemahaman Siswa”.
Guru akan menemukan pertanyaan ini dalam modul Platform Merdeka Mengajar (PMM).
Soal ini ada pada pelajaran 5 post-test PMM.
Guru dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk meningkatkan kinerja setiap guru.
Contoh jawaban pada artikel ini hanya sebagai panduan bagi guru yang kesulitan menyelesaikan PMM. Saat menilai pemahaman siswa, pendidik hendaknya:
A. Menggunakan alat ukur untuk menarik kesimpulan B. Melibatkan siswa untuk menggunakan alat ukur dan merefleksikan pemahamannya terhadap pengalaman belajar. C. Menggunakan alat ukur buatan siswa. D. Menggunakan alat ukur yang obyektif dan terukur dengan jelas.
Menjawab:
B. Menggunakan alat pengukuran untuk melibatkan siswa dan merefleksikan pemahaman mereka tentang pengalaman belajar.
Diskusi:
Pendekatan ini sesuai dengan prinsip pendidikan modern yang menekankan pada partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Dengan mendorong siswa untuk merefleksikan pengalaman belajarnya; Anda dapat: Mempromosikan metakognisi: Siswa belajar memahami cara mereka berpikir dan belajar. Meningkatkan Pemahaman yang Lebih Dalam: Berpikir membantu siswa menghubungkan apa yang mereka pelajari dengan pengalaman kehidupan nyata. Mendorong partisipasi: Siswa menjadi lebih aktif terlibat dalam menilai pemahamannya dibandingkan tujuan penilaian.
Pendekatan ini memperkuat proses penilaian dan berfokus tidak hanya pada hasil tetapi pada proses pembelajaran.
*) Disclaimer: Contoh jawaban pada artikel ini hanya sebagai referensi bagi guru yang akan menghadapi soal-soal relevan di platform Merdeka Mengajar.
Anda dapat menyesuaikan jawaban Anda agar sesuai dengan konteks setiap kegiatan pembelajaran.
(geosurvey.co.id/Farah)