geosurvey.co.id – Simak kunci jawaban pertanyaan “Perilaku Guru dan Respon Siswa dalam Mendukung Penilaian” di platform Merdeka Mengajar (PMM).
Latihan pemahaman mengulas materi tentang komentar kepala sekolah selanjutnya pada rubrik observasi.
Bapak/Ibu Guru akan menemukan pertanyaan-pertanyaan di atas saat menjawab pertanyaan-pertanyaan di PMM.
Soal ini berkaitan dengan soal latihan pemahaman modul PMM. PERTANYAAN Apa perilaku guru dan tanggapan siswa yang mendukung penilaian Anda?
Menjawab:
Pelatihan yang diselenggarakan oleh guru mencapai tujuannya.
Hal ini terlihat dari penerapan berbagai perangkat pendidikan dan respon positif siswa terhadap proses pendidikan.
Berikut beberapa perilaku guru dan respon siswa yang dapat mendukung proses penilaian pembelajaran yang efektif:
1. Perilaku guru: Memberikan umpan balik yang konstruktif
Guru yang memberikan umpan balik yang jelas, spesifik, dan konstruktif membantu siswa memahami kekuatan dan kelemahan mereka. Umpan balik ini membantu siswa memperbaiki kesalahan dan mengembangkan keterampilan yang lebih baik. Menggunakan metode evaluasi yang berbeda
Dengan berbagai metode seperti tes tertulis, penugasan, observasi dan diskusi, guru dapat mengevaluasi kemampuan siswa secara komprehensif. Hal ini juga membantu siswa merasa lebih nyaman menunjukkan keterampilan mereka. Ciptakan lingkungan penilaian yang menguntungkan
Guru yang menciptakan suasana kelas yang positif dan bebas stres serta menghargai upaya siswa menjadikan proses penilaian sebagai pengalaman belajar, bukan sesuatu yang menakutkan. Siswa lebih terbuka untuk menunjukkan keahliannya. Memberikan gambaran umum tentang kriteria evaluasi
Ketika guru menjelaskan kriteria penilaian terlebih dahulu, siswa memahami standar yang harus mereka penuhi dan lebih siap. Hal ini juga mendorong transparansi dalam evaluasi. Libatkan siswa dalam evaluasi diri
Guru yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menilai diri sendiri meningkatkan tanggung jawabnya dalam proses pembelajaran. Hal ini juga mengajarkan siswa untuk jujur dan mengembangkan harga diri.
2. Tanggapan Siswa: Meminta Masukan Siswa yang secara aktif meminta masukan menunjukkan kesediaan untuk melakukan perbaikan. Hal ini juga membantu guru mengidentifikasi bagian mana yang perlu perbaikan lebih lanjut. Menerima umpan balik terbuka Siswa yang menerima umpan balik positif dan tidak tersinggung, kemungkinan besar akan mengalami kemajuan. Respons ini juga akan membantu mereka terus belajar dari kesalahan. Berpartisipasi Aktif dalam Diskusi Penilaian Siswa yang mengajukan pertanyaan atau memberikan umpan balik selama diskusi penilaian menunjukkan minat dan pemahaman pembelajaran. Hal ini membantu guru memahami tingkat pemahaman mereka. Melakukan evaluasi diri yang jujur Ketika diberi kesempatan untuk mengevaluasi diri, siswa yang melakukannya dengan jujur dapat mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan. Hal ini meningkatkan kesadaran diri dan motivasi untuk belajar lebih baik. Mengikuti kriteria penilaian yang telah ditetapkan Siswa yang mengikuti kriteria penilaian dan berusaha untuk memenuhinya akan berusaha mencapai standar yang diharapkan. Hal ini membuat proses evaluasi menjadi adil dan obyektif.
Perilaku suportif guru dan respon positif siswa dapat menjadikan penilaian bukan sekedar tolok ukur hasil pembelajaran, namun menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran itu sendiri.
*) Penolakan:
Tanggapan ini hanya digunakan sebagai contoh apabila Bapak/Ibu.
Jawabannya akan digunakan untuk menjawab pertanyaan serupa di platform Merdeka Mengajar.
Bapak/Ibu Guru/kepala sekolah dapat menjawab pertanyaan serupa dengan jawaban yang dipersonalisasi berdasarkan keadaan individu.
(geosurvey.co.id/Oktavia WW)