Laporan reporter geosurvey.co.id Eko Sutriyanto
geosurvey.co.id, JAKARTA – Brand fashion wanita lokal Indonesia, Noies Studios go internasional dengan penampilan inspiratif di Modest Fashion and Art Trade Show Istanbul, Türkiye.
Mereka merepresentasikan kekayaan Indonesia melalui desain koleksi fashion terbarunya yang bertemakan Heart of Home.
Tahun ini ajang Modest Fashion and Art Trade Show di dunia sendiri dihadiri oleh lebih dari 300 peserta dari luar negeri yang memperkenalkan inovasi di bidang fashion dan seni yang berlangsung di IFM Istanbul Expo Center pada tanggal 27 hingga 30 November 2024.
Desainer Noies Studios, Diah Dewi Intariani mengatakan, dalam karyanya ia tidak hanya menciptakan busana yang menarik, namun juga memiliki cerita tersendiri.
“Inspirasi koleksi bertema Hati Dalam Negeri kami berasal dari Indonesia yang merupakan negeri yang kaya akan budaya dan tradisi kepulauan,” ujarnya, Senin (2/12/2024).
Pada aspek budaya, fokus pada keberagaman rumah adat yang mempunyai cerita unik dan mencerminkan aspek identitas masyarakat.
Oleh karena itu, kami bangga dapat mewakili dan memperkenalkan kekayaan Indonesia ke mata dunia melalui kreasi fesyen yang menghadirkan sentuhan kekayaan dan keindahan dalam rumah orang Indonesia, kata Diah.
Koleksi Heart of Home terdiri dari 24 set pakaian yang memadukan denim sebagai ciri khas Noies Studios dengan ilustrasi berbeda yang menunjukkan keberagaman Rumah Tradisional Indonesia.
Desain koleksi ini memiliki corak yang terinspirasi dari rumah adat Indonesia, terdiri dari motif Mentawai, Papua, Baduy, Sulawesi, dan NTT, serta dipadukan dengan sentuhan flora dan fauna yang juga menjadi ciri khas masing-masing daerah tersebut.
Sebelum tampil di kancah internasional, sejak tahun 2021 mereka telah berkarya melalui 4 koleksi busana dengan tema berbeda dan meraih berbagai prestasi, antara lain tampil di UI Fashion Week dan menjadi bagian dari official lemari film Mencuri Radén Saleh.
“Berpartisipasi dalam Modest Fashion and Art Trade Show merupakan langkah strategis untuk memperluas jangkauan pasar internasional dan membuktikan bahwa fashion Indonesia dapat diterima di seluruh dunia,” ujarnya.
Selain Franka Soeria selaku Co-founder #Markamarie & Global Head of Council of Modest Fashion, brand ini menunjukkan potensi besar keterampilan generasi muda sebagai pelaku ekonomi kreatif.
“Modest Fashion and Art Trade Show merupakan kesempatan untuk melatih talenta muda Indonesia di bidang fashion menuju Indonesia Emas 2045 dengan sumber daya yang maju,” ujarnya.