Tribunenews.com, JAKARTA – Kementerian Koperasi (Kmenkop) resmi meluncurkan logo baru setelah memisahkan nama dari Kementerian Usaha Kecil dan Menengah. Logo tersebut diharapkan dapat memperkuat identitas visual Kementerian Koperasi dan mendorong partisipasi masyarakat dalam berkoperasi.
Menteri Koperasi, Budi Arieh Setiadi mengatakan, logo tersebut melambangkan transformasi dan modernisasi koperasi sebagai jawaban terhadap tantangan perekonomian global.
Logo ini mewakili semangat Indonesia Emas 2045. Bukan sekedar logo, tapi semangat mendirikan koperasi sebagai basis perekonomian, kata Budi Ari saat acara peluncuran logo di Jakarta, Kamis (12/12).
Logo berbentuk huruf “K” dengan huruf kapital berwarna emas menandakan koperasi yang modern dan dinamis. Menteri Koperasi berkomitmen menjadikan koperasi sebagai pemain utama perekonomian nasional.
“Indonesia Emas 2045 membutuhkan koperasi yang modern, adaptif, dan berkelanjutan. Saya yakin koperasi bisa mewujudkan keadilan sosial,” imbuhnya.
Sekretaris Kementerian Koperasi Ahmed Zabadi menjelaskan, logo baru tersebut merupakan hasil kompetisi yang dimulai pada 8 November 2024 dengan jumlah pendaftar sebanyak 1.932 orang dan karya yang diunggah sebanyak 714 karya. Setelah melalui proses seleksi yang ketat, logo I Putu Nathan Wikandhi terpilih sebagai pemenang dengan perolehan total 412,25 poin dan 565 suara terbanyak.
“Logo ini menunjukkan efek modern, profesional dan adaptif sesuai dengan perubahan yang terjadi saat ini,” kata Ahmed Zabadi.
Panel juri kompetisi ini antara lain pakar branding Irfan Waheed, pakar desain Joshua Simandjantak, akademisi LSPR Ulani Yusuf, Kepala Biro Komunikasi dan TI Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Budi Mustopo dan pelaku industri kreatif Denis Adhiswara. Masing-masing panel juri akan menilai keahliannya meliputi aspek branding, komunikasi visual, keunikan, filosofi kolaboratif, dan kreativitas.
Ahmed berharap logo baru tersebut melambangkan transformasi koperasi di Indonesia, mendukung visi Kementerian Koperasi dalam menghadapi tantangan global, dan memperkuat kapasitas koperasi.