Laporan jurnalis geosurvey.co.id, Lita Febriani
geosurvey.co.id, JAKARTA – All New Hilux Rangga menjadi senjata baru perusahaan mobil Toyota untuk memasuki pasar kendaraan niaga pada tahun 2024.
Pasalnya model ini bisa dimodifikasi menjadi berbagai model, mulai dari custom SUV, ambulans hingga food truck dan kendaraan serba guna lainnya.
Selain itu, didukung oleh 70 otoritas setempat menjadikan Toyota All New Hilux Rangga sebagai mobil pick-up paling serbaguna yang memenuhi kebutuhan bisnis para pengusaha.
Dengan kemudahan konversi untuk berbagai kebutuhan, Rangga ditopang oleh platform kuat yang juga diterapkan pada Hilux, Fortuner, dan Kijang Innova yaitu IMV.
Melalui proyek IMV-0, Toyota menekankan untuk kembali ke akarnya dalam menciptakan truk pikap serbaguna yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan membuka peluang baru.
Penggunaan nama Hilux pada model pikap ini menyoroti nama besar Hilux yang telah menjadi solusi mobilitas bisnis selama lebih dari 50 tahun dan menjangkau masyarakat di lebih dari 140 negara.
Selain itu, Toyota juga terus menghidupkan Kijang di dunia otomotif tanah air, khususnya pikap Kijang yang telah berkontribusi dalam membangun perekonomian Indonesia selama 30 tahun.
Rangga berasal dari bahasa Jawa Ronggo yang berarti pahlawan. Rangga juga menjadi nama utama varian era Kijang Kapsul.
“Toyota ingin Rangga menjadi simbol pahlawan yang membawa kesuksesan dalam bisnis dan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan mobil bisnis yang tangguh dan andal,” kata Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto dalam keterangannya. Jumat (18/10/2024).
Hilux Rangga hadir dengan kabin yang lebih lega dan nyaman, juga lebih aman berkat kap mobil.
Berbeda dengan kendaraan niaga pada umumnya, posisi kursi pengemudi tidak berada di atas poros sehingga mobil lebih nyaman karena minim getaran dan lebih senyap karena berkurangnya kebisingan mesin, kemudi, dan suspensi.
Performa Hilux Rangga disokong dua model mesin yakni bensin 1TR-FE 2000 cc yang menawarkan kenyamanan berkendara dengan pengoperasian lebih senyap dan mesin diesel 2GD-FTV 2400 cc yang bertenaga namun irit bahan bakar meski dalam beban penuh.
Mesin tersebut dikawinkan dengan girboks manual 5 percepatan yang memberikan kestabilan di berbagai kondisi jalan, sedangkan transmisi otomatis 6 percepatan cocok untuk mobilitas perkotaan dan perjalanan jarak jauh.
Desain kabin dan posisi duduk yang ergonomis memberikan kenyamanan kepada pengemudi sehingga dapat bekerja lebih produktif dan nyaman.
Hasilnya, mereka dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien, aman, dan berkontribusi terhadap operasional bisnis yang lebih optimal.
Masih dari kenyamanan kabin Rangga, dashboardnya memiliki desain yang lebih modern dan fungsional serta dilengkapi berbagai fungsi yang semakin menunjang aktivitas pengemudi.
Posisi kemudi rack and pinion ala mobil penumpang difasilitasi oleh tilt steering wheel dan power steering untuk menjaga kemudahan berkendara saat menikung dengan radius belok hanya 4,9 meter.
All New Hilux Rangga memiliki panjang dek 2305 mm dan lebar 1700 mm, serta dek muatan berbentuk datar. Kendaraan niaga ini memiliki muatan 1,2 ton, lebih dari cukup untuk mengangkut 56 galon air mineral.
Opsi 3 Way Deck juga semakin mendukung produktivitas untuk operasional bongkar muat yang lebih cepat, ergonomis, dan bebas repot.
Pertama di kelasnya, All New Hilux Rangga memiliki titik pemasangan roof rack di atas kabin dengan muatan 75kg.
Terdapat juga 8 pengait di tutup bagasi kiri dan kanan, serta 4 pengait di pintu belakang, untuk menggantung barang bawaan. Fungsionalitas tinggi ini relatif baru untuk pickup.
Tak sekadar pikap, All New Hilux Rangga juga punya tampilan paling sporty di segmennya. Desain eksterior yang kokoh dan agresif tampak dari tulisan TOYOTA pada gril dan tailgate yang turut memberikan kesan lebih menonjol.
Keselamatan menjadi perhatian utama Toyota saat mengembangkan kendaraan niaga Hilux Rangga.
Kendaraan ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti sabuk pengaman 3 titik, airbag, immobilizer, side body roll, pelindung kabin, serta fitur ABS+EBD pada rem cakram 14 inci di depan dan rem tromol yang andal di belakang. Selain itu, kap depan juga mampu meredam benturan dari depan.
Fitur Advanced Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TRC) juga menjadi standar pada varian High Diesel A/T, membantu pengemudi mengendalikan kendaraan di jalan kasar, saat hujan, atau saat membawa beban berat.
Keselamatan berkendara yang baik memberikan ketenangan pikiran dan memastikan kelancaran operasional bisnis.
Setiap kendaraan niaga Toyota menganut nilai Kualitas, Daya Tahan, dan Keandalan (QDR) yang tinggi. Menggunakan mesin, sasis, dan drivetrain (termasuk transmisi, poros penggerak, dan gardan) yang sama dengan Hilux, memberikan kemampuan melaju di berbagai medan dengan ketahanan yang terjamin. “Berkat kualitas, daya tahan, dan keandalannya, All New Hilux Rangga merupakan investasi jangka panjang yang memberikan nilai tambah. Kendaraan niaga ini tidak hanya tahan lama tetapi juga multifungsi dan membutuhkan biaya perawatan yang lebih rendah dibandingkan kendaraan lainnya. Sehingga membantu “perusahaan menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi tanpa mengurangi utilitas dan masa pakai,” kata Henry.