Reporter geosurvey.co.id Lita Febriani mengirimkan laporan ini
geosurvey.co.id, SHENZHEN – BYD Automobile didirikan pada tahun 1994 dan kini berusia 30 tahun.
Dalam perjalanan panjangnya, perusahaan mobil asal China itu menyasar berbagai segmen mobil.
Khusus di segmen mobil mewah, perseroan mengambil langkah dengan membentuk perusahaan patungan dengan Mercedes-Benz pada tahun 2010, dengan kepemilikan ekuitas 50:50.
Manajer Penjualan Otomotif Asia-Pasifik BYD General Liu Xueliang mengatakan, dukungan pemerintah pada tahun 2010 yang fokus pada kendaraan listrik, BYD juga menerapkan strategi serupa.
Banyak merek mobil yang percaya bahwa China adalah pasar mobil yang besar, dan akan terjadi perubahan besar, Mercedes-Benz, pencipta mobil berbahan bakar bensin, adalah salah satunya. BYD merupakan satu-satunya merek mobil yang memiliki semua teknologi dasar kelistrikan. mobil, mereka akan memiliki visi yang sama,” kata Liu, Senin (25/11/2024) di kantor pusat BYD di Shenzhen, China.
Di awal pengembangan sub-brand Denza, BYD menyadari banyak tantangan yang dihadapi, namun dengan tujuan yang sama sebagai perusahaan tertua di industri otomotif ini, BYD sangat optimis untuk maju.
“Dua tahun setelah kami mendirikan usaha patungan, kami meluncurkan merek baru kami, Denza. BYD dan Mercedes-Benz yang masing-masing memiliki sekitar 50 persen saham, kami mendirikan merek mewah baru ini. merek mobil listrik,” ujarnya. menjelaskan.
Menggabungkan kemewahan tradisional dengan teknologi mutakhir dari Mercedes-Benz dan BYD, Denza berhasil berkembang.
Selain itu, pada tahun 2021, BYD melakukan restrukturisasi kepemilikan saham di perusahaan patungan Denza dan meningkatkan kepemilikan sahamnya menjadi 90 persen.
“Sekali lagi pada musim panas tahun ini, BYD meningkatkan kepemilikan kami di Denza, dan kini Denza menjadi 100 persen merek BYD kami,” kata Liu.
Dengan kepemilikan penuh, BYD akan segera memperluas pasar merek mobil mewah hingga ke Indonesia dan Malaysia.
“Kami akan meluncurkan Denza secara resmi pada kuartal pertama di Malaysia dan Indonesia. Kami telah menyiapkan beberapa model untuk kedua pasar yang disponsori Denza ini,” tambah Liu.