geosurvey.co.id – Kunci Jawaban 3.10 Program Pendidikan Perorangan (IPP) – Bagian 2 Diklat Umum Kajian Madrasah CAT Kementerian Agama.
Soal dan kunci jawaban Program Studi Personal 3.10 Bagian 2 berikut ini merupakan materi pelatihan mandiri yang disertifikasi oleh Kementerian Agama dalam platform PINTAR Kementerian Agama.
Soal latihan pra kerja Program Pendidikan Personal pada Modul 3.10 Bagian 2 Pelatihan terpadu madrasah pembelajaran bagian 3: Kelompok inti pada platform PINTAR Kemenag, https://pintar.kemenag.go .id/ , guru dapat mempelajarinya terlebih dahulu .
Artikel ini akan memberikan kunci jawaban dari 10 soal Program Pendidikan Individual 3.10 Bagian 2 Diklat Umum Madrasah Pintar Departemen Agama berbasis MOOC (Massive Open Online Course) yang dapat digunakan guru untuk menyesuaikan hasil pembelajaran.
Berikut 10 soal dan kunci jawaban Modul 3.10 Individualized Learning Program (IPP) Bagian 2 Pelatihan Pembelajaran Terpadu di Madrasah Pintar Kemenag. Kunci Jawaban 3.10 Program Pendidikan Perorangan Bagian 2 Diklat Umum Belajar di Madrasah PAINT Departemen Agama.
1. Manfaat rapat lintas tim untuk persiapan PPI adalah…
A. agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari B. ajang silaturahmi para pihak C. mencapai kesepakatan mengenai rincian PPID. mencocokkan ide dan langkah untuk mengabdi pada GDPK Kunci Jawaban : D
2. Program Pendidikan Perorangan (IPP) bagi peserta didik berkebutuhan khusus di madrasah yang meliputi…
A. Program pendidikan bagi seluruh peserta didik tanpa diskriminasi B. Program pendidikan disesuaikan dengan kebutuhan individu PDBKC. Pembelajaran kelompok dalam lingkungan kelas inklusifD. Strategi pembelajaran yang menyesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik termasuk GDPK Kunci Jawaban : B
3. Program kebutuhan khusus yang tersedia di PPI untuk GDPK penyandang disabilitas intelektual meliputi…
A. Perkembangan pribadi B. Perkembangan dan gerak pribadi C. Perkembangan komunikasi, persepsi dan ritme pendengaran D. Perkembangan sosial, komunikasi, dan perilaku Kunci Jawaban : D
4. Istilah lain dari Program Pembelajaran Individual (IPP) adalah…
A. Program Belajar Individual (ILP) B. Program Pendidikan Individual (IEP) C. Program Belajar Mandiri (ITP)D. Kunci Jawaban Individualized Involvement Program (IIP): B
5. Berikut ini yang tidak termasuk dalam tim multidisiplin…
A. Kepala Kantor Kementerian Agama B. orang tua/wali peserta didik, C. tenaga profesional lainnya bila diperlukan (terapis, dokter, psikiater)D. Kunci Jawaban Konselor/Psikolog Sekolah : A
6. Abu seorang tunanetra duduk di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Madrasah tidak memiliki sumber daya untuk mengajarkan keterampilan Orientasi dan Mobilitas (OM) Abu. Padahal, Abu membutuhkan program berkebutuhan khusus berupa OM minimal seminggu sekali. Langkah-langkah yang dilakukan Tim Madrasah Inklusi untuk memberikan solusi terhadap kasus ini adalah…
A. Abu dapat belajar bersama dengan teman-teman sekelasnya sehingga tercipta kesatuan dan keseimbangan dalam pendidikan B. Tim Inklusi Madrasah telah menyiapkan PPI untuk Abu yang mengikutsertakan orang tua dan pihak lain yang berkompeten C. Karena pihak madrasah belum siap memberikan layanan kepada penyandang tunanetra, sebaiknya Abu dirujuk ke SLB.D. Orang tua Abu harus memberinya guru khusus untuk mengajarinya OM agar Abu bisa mandiri. Kunci Jawaban:B.
7. Apabila tidak ada ahli yang dapat mendukung penataan madrasah PPI, maka solusi yang dapat diambil madrasah tersebut adalah…
A. menunggu sampai ada ahli yang dapat mempertanggungjawabkan PPIB. menggunakan fasilitas yang ada pada madrasahC. menyertakan kepala sekolah dan/atau pengurus yang berkompeten D. menyertakan orang tua/wali GDPK Kunci Jawaban : B
8. Berikut ini yang bukan merupakan metode evaluasi penerapan PPI untuk GDPK dengan…
A. Rencana pemantauan hasil tinjauan pelaksanaan PPI akan menjadi dasar penyempurnaan persiapan PPI B selanjutnya. Madrasah menerapkan sistem evaluasi formatif dan sumatif terhadap penerapan PPI C. Keberhasilan penerapan PPI untuk GDPK akan dibandingkan dengan keterampilan siswa lain di kelas D. Madrasah dapat melakukan evaluasi dengan membandingkan level baseline dengan level GDPK setelah penerapan PPI. Kunci Jawaban:C.
9. Program kebutuhan khusus yang tersedia di PPI untuk GDPK dan autisme adalah…
A. Perkembangan Pribadi B. Perkembangan Komunikasi, Persepsi Bunyi dan IramaC. Pengembangan Kerjasama Sosial, Komunikasi dan PerilakuD. Kunci Jawaban Perkembangan dan Pergerakan Pribadi : C
10. Tujuan utama penyusunan PPI adalah….
A. memberikan materi pembelajaran yang sama kepada semua siswaB. Mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan belajar individu siswa. C. mengukur tingkat kecerdasan siswa D. meningkatkan persaingan antar siswa Kunci Jawaban : B
Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan sebagai pedoman guru dalam memberikan pelatihan inklusif pada Departemen Agama di madrasah PINTAR.
Urutan pertanyaan dan jawaban bisa acak.
(geosurvey.co.id/M Alvian Fakka)