geosurvey.co.id – Inilah kunci jawaban Unit 3.3 Kurikulum Madrasah Bagian 2 KMA 4150/2024 edisi pelatihan SMART tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kementerian Agama.
Pada Fase 3.3: Kurikulum Madrasah Bagian 2, guru akan mengerjakan 10 soal teka-teki silang di platform PINTAR Kementerian Agama, https://pintar.kemenag.go.id/.
Saat menyelesaikan soal latihan Tahap 3.3: Silabus Madrasah Bagian 2, guru diminta belajar terlebih dahulu. Anda memiliki sepuluh kesempatan untuk menjawab.
Beberapa pertanyaan yang muncul antara lain: Pendataan madrasah dapat dilakukan untuk mengetahui karakteristik madrasah. Pengumpulan data ini dapat dilakukan dengan…
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat kunci jawaban Unit 3.3 Kurikulum Madrasah Bagian 2 Tingkat MI KMA 4150/2024 edisi di Diklat SMART Kementerian Agama. Kunci Jawaban 3.3 Silabus Madrasah Bagian 2 MI Tingkat KMA Edisi 450/2024
1. Pendataan Madrasah dapat dilakukan untuk mengetahui karakteristik Madrasah. Pengumpulan data ini dapat dilakukan dengan…
A. (1) Kuesioner, (2) Wawancara, (3) Diskusi Kelompok, (4) ObservasiB. (1) Kuesioner, (2) Wawancara, (3) Diskusi kelompok, (4) Analisis konteks C. (1) Kuesioner, (2) Wawancara, (3) Observasi, (4) Observasi D. (1) Kuesioner, ( 2) Wawancara, (3) dokumen, (4) observasi
Jawaban: A. (1) Kuesioner, (2) Wawancara, (3) Diskusi Kelompok, (4) Observasi
2. Madrasah Kha’ Dal Dzal mengawali penyusunan dokumen kurikulum Madrasah dengan melakukan tahap analisis karakteristik Madrasah. Fase yang benar tercantum di bawah ini.
A (1) Fase kesiapan: Analisis terhadap kekuatan dan kemajuan madrasah serta peluang dan ancaman bagi madrasah, dengan memperhatikan cara pandang peserta didik, (2) Fase Pengembangan: Analisis terhadap kekuatan dan peningkatan madrasah. madrasah. Madrasah bidang perencanaan dan pengelolaan pendidikan dari sudut pandang peserta didiknya, (3) tingkat awal: analisis terhadap kekuatan dan kemajuan madrasah bidang perencanaan dan pengelolaan pendidikan, (4) tingkat lanjut: analisis terhadap kekuatan dan kemajuan Madrasah serta peluang dan risiko Madrasah dengan memperhatikan pedoman daerah/nasional dan pandangan pemangku kepentingan.
B (1) Tahap awal: Analisis kekuatan dan peningkatan madrasah di bidang organisasi dan manajemen pembelajaran, (2) Tahap pengembangan: Analisis kekuatan dan peningkatan madrasah di bidang organisasi dan manajemen pembelajaran. pengelolaan pembelajaran sesuai dengan mempertimbangkan sudut pandang peserta didik, (3) Tingkat Mahir: Menganalisis kekuatan dan kemajuan madrasah serta peluang dan ancaman terhadap madrasah dengan mempertimbangkan kebijakan daerah/nasional dan perspektif pemangku kepentingan. (4) Fase kesiapan: Analisis terhadap kekuatan dan kemajuan madrasah serta peluang dan ancaman madrasah, dengan mempertimbangkan cara pandang peserta didik.
C. (1) Tahap pengembangan : Analisis kelebihan dan kemajuan Madrasah di bidang perencanaan dan pengelolaan kurikulum dengan memperhatikan sudut pandang peserta didik, (2) Tahap awal : Analisis kelebihan dan kemajuan Madrasah di bidang tersebut perencanaan dan pengelolaan kurikulum, (3) Tahap kesiapan: Analisis terhadap kekuatan dan kemajuan madrasah serta peluang dan ancaman madrasah, dengan memperhatikan cara pandang peserta didik, (4) Tahap Lanjut: Analisis kekuatan dan kemajuan madrasah serta peluang dan ancaman madrasah, dengan mempertimbangkan ancaman regional/nasional Kebijakan dan perspektif pemangku kepentingan.
D. (1) Tahap awal : Analisis kelebihan dan penyempurnaan Madrasah dalam bidang perencanaan dan pengelolaan pendidikan, (2) Tahap Pengembangan : Analisis kelebihan dan penyempurnaan Madrasah dalam bidang perencanaan dan pengelolaan pendidikan. dengan mempertimbangkan cara pandang peserta didik, (3) Tingkat Siap: Analisis terhadap kekuatan dan kemajuan madrasah serta peluang dan ancaman terhadap madrasah, dengan memperhatikan cara pandang peserta didik, (4) Tingkat Mahir: Analisis kekuatan madrasah dan perbaikannya serta peluang dan risiko madrasah, dengan mempertimbangkan pedoman regional/nasional dan perspektif pemangku kepentingan.
Jawaban: D
3. Madrasah Tsa Jim Ha belum mempunyai kurikulum madrasah. Urutan langkah-langkah yang benar untuk mempersiapkan silabus Madrasah diberikan di bawah ini.
A. (1) Meninjau/merevisi visi, misi dan tujuan (2) Menganalisis konteks ciri-ciri madrasah, (3) Meninjau/merevisi kurikulum, (4) Mengembangkan kurikulum, (5) Merancang penilaian dan bimbingan terhadap pengembangan profesional.
B. (1) Analisis konteks ciri-ciri madrasah, (2) Pengembangan kurikulum, (3) Rancangan penilaian pengembangan profesi dan pendampingan, (4) Review/revisi kurikulum, (5) Review/revisi kurikulum visi, Misi dan tujuan
C. (1) Review/Revisi Visi, Misi dan Tujuan, (2) Penyusunan Kurikulum, (3) Rancangan Asesmen dan Pendampingan Pengembangan Profesi, (4) Analisis Konteks Ciri-Ciri Madrasah, (5) Review/Revisi Lembaga Pembelajaran.
D. (1) Merevisi/merevisi silabus, (2) Menyiapkan silabus, (3) Merancang penilaian dan pengajaran pengembangan profesional, (4) Menganalisis konteks ciri-ciri madrasah, (5) Merevisi/merevisi visi, misi dan tujuan
Jawaban: A. (1) Review/revisi visi, misi dan tujuan (2) Analisis konteks ciri-ciri madrasah, (3) Review/revisi kurikulum, (4) Pengembangan kurikulum, ( 5) Desain penilaian untuk pengembangan profesional dan mentor.
4. Berikut prinsip-prinsip penyusunan tujuan berpusat pada siswa di madrasah, kecuali…
A. Menggunakan PSRA sebagai alat refleksi dan analisis. B. Menjadikan PSRA sebagai prinsip setiap program madrasahC. Melakukan evaluasi berkesinambungan terhadap program madrasah. D. Mengevaluasi secara kritis lingkungan belajar madrasah
Jawaban : B. Menjadikan PSRA sebagai prinsip setiap program madrasah
5. Di bawah ini adalah unsur-unsur yang wajib dicantumkan dalam rencana studi, kecuali…
A. Mata Kuliah B. Penilaian dan Penilaian C. Identitas MadrasahD. Tujuan pembelajaran
Jawaban : C. Identitas Madrasah
6. Madrasah Al-Qariah akan menyusun silabus Proyek Profil Siswa Pemberdayaan Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin. Dalam penyerahan, madrasah harus memperhatikan hal-hal berikut…
A. (1) Membentuk Tim Pelaksana P5RA, (2) Mengidentifikasi Tingkat Kesiapan Madrasah, (3) Merakit Modul, (4) Melaksanakan P5RA (5) Merancang Metodologi Pelaporan. B. (1) Membentuk Tim Pelaksana P5RA, (2) Mengidentifikasi Tingkat Kesiapan Madrasah, (3) Menentukan Dimensi, Topik dan Alokasi Waktu, (4) Merakit Modul, (5) Merancang Metodologi Pelaporan. C. (1) Membentuk tim pelaksanaan 5RA, (2) Menentukan dimensi, topik dan waktu, (3) Merakit modul, (4) Melaksanakan P5RA (5) Merancang metodologi pelaporan. D. (1) Membentuk tim pelaksana P5RA, (2) Mengidentifikasi tingkat kesiapan madrasah, (3) Menentukan dimensi, topik dan alokasi waktu, (4) Merakit modul, (5) Melaksanakan P5RA
Jawaban : B. (1) Membentuk Tim Pelaksana P5RA, (2) Mengidentifikasi Tingkat Kesiapan Madrasah, (3) Menentukan Dimensi, Topik dan Alokasi Waktu, (4) Menyusun Modul, (5) Merancang Metodologi Pelaporan.
7. Madrasah yang mengambil inspirasi dari dokumen kurikulum, misalnya. B.urutan tujuan pembelajaran, bahan ajar dan terakhir refleksi pembelajaran. Ini adalah tingkat kurikulum…
A. Permulaan B. Siap C. Perkembangan D. Mampu
Jawaban: A
8. Dalam penyusunan silabus Madrasah, Kepala Madrasah mempunyai tanggung jawab untuk meninjau silabus Madrasah setiap 4-5 tahun sekali. Di bawah ini adalah komponen-komponen kurikulum Madrasah, kecuali… A. Struktur mata kuliah B. Visi, misi dan tujuan Madrasah C. Pilihan mata pelajaran pilihan D. Ciri-ciri Madrasah
Jawaban : C. Pilihan mata kuliah pilihan
9. Madrasah Lam Alif, sebagian besar guru belajar dengan bekerja merencanakan, melaksanakan dan melakukan penilaian untuk blended learning. Metode pembelajaran ini merupakan pendekatan…
A. Intermiten B. Tematik C. Tema D. Terpadu
Jawaban : D. Secara terpadu
9. Berikut ini adalah unsur-unsur yang harus dimasukkan dalam perencanaan penelitian, kecuali…
A. Mata Kuliah B. Penilaian dan Penilaian C. Identitas MadrasahD. Tujuan pembelajaran
Jawaban : C. Identitas Madrasah
10. Madrasah Al-Kahfi memperhatikan pandangan/kontribusi berbagai pemangku kepentingan di Madrasah dengan mengkajinya secara menyeluruh dan merancang ulang visi, misi dan tujuannya berdasarkan analisis ciri-ciri Madrasah. Fase kontemplatif madrasah memasuki tahap…
A. Buatan B. RumitC. Awal mula D. perkembangan
Jawaban: B. Pemilihan pertanyaan yang cermat ditampilkan:
1. Kepala Madrasah Al-Baqarah mempunyai berbagai kepentingan dalam pengembangan kurikulum. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran nyata mengenai kebutuhan dan harapan peserta didik agar dapat selaras dengan visi, misi dan tujuan madrasah. Tingkat analisis ini mengarah ke…
A. Siap B. Rumit C. Perkembangan D. Awal
Jawaban: D. Awal
2. Cara madrasah menyelenggarakan pembelajaran mata pelajaran pada salah satu tahapan kurikulum disebut…
A. Pengkajian dan pengembangan B. Perencanaan pembelajaranC. Perencanaan Kurikulum D. Penilaian dan Penilaian
Jawaban: B. Perencanaan studi
3. Visi dan misi madrasah harus disusun berdasarkan…
A. Tuntutan masyarakat B. Tujuan pendidikan nasionalC. Ciri-ciri Lokal Madrasah D. Politik Lokal
Jawaban : B. Tujuan pendidikan nasional
4. Pengembangan ciri-ciri madrasah harus selaras dengan…
A. Standar InternasionalB. Tren lokal dan karakteristik masyarakatC. Teknologi tercanggih D. Kebijakan pendidikan nasional
Jawaban: B. Kebijakan lokal dan karakteristik masyarakat
5. Kegiatan penilaian di Madrasah termasuk dalam proses…
A. Perencanaan kurikulum B. Peningkatan kualitas kerja guru C. Pengelolaan sarana dan prasaranaD. Pemantauan dan penilaian hasil pembelajaran
Jawaban : D. Memantau dan mengevaluasi hasil pembelajaran
Disclaimer: Jawaban diatas dimaksudkan hanya sebagai pedoman bagi guru pada saat mengerjakan Kurikulum Madrasah Tahap 3.3 Bagian 2 Tingkat MI KMA Edisi 4150/2024 pada Pelatihan SMART Kemenag. Urutan pertanyaan dan jawaban boleh acak.
(geosurvey.co.id/Sri Juliati)