geosurvey.co.id – Soal Jawab Kelas Bahasa Indonesia 184 di halaman 184 geosurvey.co.id – Kurikulum Mandiri 5 Simak artikel berikut ini.
Bab 8 dimulai pada halaman 171-198, tentang pembelajaran yang berjalan bersama-sama.
Tujuan pembelajaran pada bab ini adalah agar siswa menjadi individu yang berempati, tidak memaksa dan tidak melakukan kekerasan.
Siswa diharapkan belajar bagaimana memberikan saran dan komentar, menulis dan membaca teks lisan, dan mengembangkan kampanye anti-intimidasi.
Unsur-unsur kebahasaan yang akan dipelajari siswa pada bab ini adalah kata depan, kata sambung, kalimat preposisi atau tanggapan, pantun (saran), penulisan teks percakapan, dan membaca pidato. Berbicara, Berdiskusi dan Mempresentasikan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 184 Kurikulum Mandiri
Kita bisa belajar bereaksi terhadap suatu situasi dan memberi nasihat.
Perhatikan situasi yang berbeda pada kotak di bawah ini! Diskusikan dengan teman kelompokmu. Salah satu dari Anda akan berperan sebagai seseorang yang mengalami situasi di bawah ini. Dia meminta komentar dan saran Anda. Tulis tanggapan dan saran tentang situasi tersebut.
Anda dapat menulis sesuka Anda. Bagikan masukan dan saran Anda di depan kelas! Hestie merusak barang yang dia pinjam dari Saree, tapi dia tidak meminta maaf. Tanggapan:Saran: Bogus mengolok-olok Meera bernyanyi di depan kelas dengan menulis sampah tentang Rosie Bhavan di media sosial. Masukan: Saran: Jawab: Saran: Jwb
1. Umpan Balik: Saree pasti kecewa karena dia tidak menjaga barang pinjaman dengan baik dan selain itu, Hastie tidak bertanggung jawab dan meminta maaf.
Saran: Hestie sebaiknya meminta maaf atas saree tersebut dan mengganti itemnya.
Harus berhati-hati agar Saree tidak meminjamkan barang miliknya kepada siapa pun.
2. Tanggapan: Rosie tidak boleh menulis kalimat buruk tentang temannya.
Wawa pasti merasa malu dan sedih karena banyak sekali orang yang membaca artikel tersebut.
Saran : Rosie sebaiknya meminta maaf atas perkataan Wavan.
Jika ingin menyampaikan sesuatu bisa langsung berdiskusi dengan Bhavan.
Wawan bisa belajar mengaktifkan fitur pilih teman dan komentar di akun media sosialnya.
3. Masukan : Apa yang dilakukan Akmal kurang baik.
Akmal tidak boleh menjelek-jelekkan orang lain dan menjauhkan orang lain dari Azrul.
Azrul pasti merasa sedih dan bingung.
Saran: Akmal hendaknya menghentikan perbuatannya.
Azrul mungkin mempertanyakan alasan Akmal melakukan hal tersebut.
Azrul dapat meminta bantuan guru untuk menjelaskan permasalahan tersebut.
4. Umpan balik: Ampas tebu tidak bagus.
Seharusnya Meera merasa kasihan dan malu karena bersikap seperti ini di depan kelas. Mungkin dia tidak ingin menunjukkannya lagi.
Saran: Bogus harus menghentikan perbuatannya dan meminta maaf kepada Meera.
*) Penafian:
Jawaban-jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anaknya.
Pertanyaan ini merupakan pertanyaan terbuka, artinya masih banyak jawaban yang belum terselesaikan seperti yang telah dijelaskan di atas.
(TribuneNews.com/Andari Ulan Nugrahani)