geosurvey.co.id – Di bawah ini jawaban halaman 54 Kurikulum Mandiri Geografi Kelas 11.
Pada soal Geografi Kelas 11 halaman 54 Kurikulum Mandiri, siswa diminta menjawab beberapa pertanyaan tentang pengelolaan sumber daya alam.
Kurikulum Mandiri Geografi Kelas 11 Sebelum menjawab soal, siswa diharapkan mampu menyelesaikan soal secara mandiri.
geosurvey.co.id tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan pada Kunci Jawaban Kurikulum Mandiri Geografi Kelas 11 Halaman 54. Ayo berpikir kreatif
Setelah Anda membaca materi tentang pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan, untuk menggunakan kemampuan berpikir kreatif Anda, transfer ide Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
1. Pilih salah satu sumber daya alam terbarukan.
Jawaban: Sumber daya alam terbarukan yang saya pilih adalah energi surya.
2. Menunjukkan letak sumber daya alam dengan menggunakan peta.
Jawaban: Letak sumber daya energi surya alami tidak terbatas pada suatu titik tertentu karena sinar matahari meliputi seluruh wilayah Indonesia.
Namun untuk menunjukkan potensi energi matahari secara umum, saya akan menggunakan peta yang menunjukkan sinar matahari di seluruh Indonesia.
3. Berikan argumen mengapa Anda memilih sumber daya alam tersebut.
Jawaban: Sumber daya alam energi surya dipilih karena mempunyai potensi besar sebagai sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan.
Indonesia memiliki penerangan yang berlimpah sepanjang tahun karena terletak di garis khatulistiwa, sehingga negara ini berpotensi menghasilkan listrik dari panel surya yang efisien.
Energi surya merupakan sumber energi yang tidak terbatas dan terbarukan, sehingga dapat mengurangi ketergantungan terhadap sumber daya alam fosil yang terbatas dan mengurangi emisi gas rumah kaca.
4. Ide baru apa yang ingin Anda promosikan demi penyebaran sumber daya alam terbarukan di wilayah lain di Indonesia?
Jawaban: Ide-ide baru yang bisa saya promosikan untuk menyebarkan penggunaan sumber daya alam terbarukan di wilayah lain di Indonesia adalah:
A. kesadaran yang meningkat
Melalui kampanye dan program edukasi, pemerintah dan lembaga terkait dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat dan potensi energi surya sebagai sumber energi berkelanjutan dan bersih.
Kampanye ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pemanfaatan panel surya untuk kebutuhan rumah tangga maupun industri.
B. Inisiatif penggunaan energi surya di sektor publik
Pemerintah dapat memberikan insentif kepada institusi dan instansi pemerintah untuk beralih ke sumber energi surya.
Pemasangan panel surya di gedung-gedung pemerintah dan lembaga publik akan menjadi contoh dan mendorong masyarakat untuk mengadopsi teknologi ini.
C. Program Subsidi atau Pembiayaan Panel Surya
Pemerintah dapat mengeluarkan kebijakan subsidi atau skema pembiayaan yang mendukung pemasangan panel surya di rumah tangga dan industri.
Hal ini akan membantu mengurangi beban biaya awal dan mendorong lebih banyak orang untuk mengadopsi teknologi energi surya.
D. Pengembangan dan penelitian teknologi
Mendukung penelitian dan pengembangan teknologi energi surya untuk menjadikan panel surya lebih efisien dan terjangkau dalam jangka panjang.
E. Kemitraan dengan sektor swasta
Dalam upaya pengembangan energi surya oleh pihak swasta. Kerja sama antara pemerintah dan perusahaan dapat mempercepat penyebaran teknologi dan penggunaan energi surya di berbagai wilayah Indonesia.
Kami berharap ide-ide ini dapat membantu daerah lain di Indonesia untuk meningkatkan penggunaan energi surya, mengurangi ketergantungan terhadap sumber energi fosil, dan dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan.
*) Penafian:
– Artikel ini ditujukan hanya bagi orang tua untuk membimbing pendidikan anaknya.
– Sebelum melihat kunci jawabannya, sebaiknya siswa menjawab sendiri terlebih dahulu, kemudian gunakan artikel ini untuk mengoreksi pekerjaan siswa.
(geosurvey.co.id/Nurkhasanah)