geosurvey.co.id – Simak jawaban Informatika kelas 11 di halaman 27 Kurikulum Merdeka pada artikel selanjutnya.
Bab Informatika membahas Bab 2: Strategi dan Pemrograman Algoritma.
Solusi Informatika Kelas 11 Kurikulum Mandiri pada artikel ini dapat menjadi pedoman atau panduan bagi siswa dalam belajar. Kunci Jawaban Pembelajaran Kelas 11 Halaman 27 Buku Informatika Kelas 11 Halaman 27 Belajar Mandiri
Bab 2 Tentang Strategi dan Perencanaan Algoritma Informatika: Mari Kita Coba
Selesaikan dua soal berikut dengan menggunakan pernyataan pengulangan yang telah Anda pelajari. Setelah menyelesaikan masalah, diskusikan dengan pasangan Anda bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut.
Kunci jawaban
Tantangan 1: Menempatkan Keramik
Untuk menghitung banyaknya cara pembuatan logam keramik secara langsung, akan sulit dan mudah terjadi kesalahan.
Cara terbaiknya adalah dengan melihat hubungan-hubungan yang akan membantu kita menghitung banyaknya cara pemasangan ubin keramik berdasarkan harga, dan dari kebiasaan yang telah diketahui sebelumnya.
Mari kita bayangkan dulu, betapa banyaknya cara membuat gerabah di bawahnya. Lalu, kita berpikir lagi dan lagi, seperti ini.
1. Pertama, kita bisa memilih untuk meletakkan keramik pada garis vertikal pertama. Oleh karena itu, Anda akan mendapatkan kolom (atau dengan kata lain, ukur ≈). Perhatikan gambar di bawah ini, untuk N = 4. Nanti seluruh lantai bisa diisi tanah. Cara mengisi toples Buku Informatika Kelas 11 tentunya ada banyak cara
2. Kedua, jika kita memilih untuk meletakkan keramik jauh di sebelah kiri, kita harus mengisi dua kolom dan baris pertama dengan dua ubin yang sama besar. Artinya kolom tersebut terus berlanjut (atau dengan kata lain, sedang berkembang). Perhatikan gambar di bawah ini, untuk N = 4. Buku Pelajaran Kelas 11 Halaman 27 Pendidikan Merdeka
Oleh karena itu, sisa pilar dapat dipasang dengan keramik dengan berbagai cara.
A. Karena kedua cara tersebut di atas dapat dipilih secara bebas, maka banyaknya cara pembuatan logam keramik pada sebagian besar merupakan hasil dari banyaknya cara di atas. Atau dengan kata lain FN = FN-1+FN-2. Relasi perulangan ini mirip dengan relasi perulangan pada deret Fibonacci yang dijelaskan sebelumnya.
B. Terakhir, kita perlu mengetahui nilai awal iterasinya. Karena relasi rekursif di atas mencakup dua suku sebelumnya (FN-1 dan FN-2), maka kita perlu mengidentifikasi dua nilai pertama dari deret FN, yaitu F1 dan F2. Untuk N = 1 jelas hanya ada satu cara untuk meletakkan balok tanah pada lantai 2×1 yaitu stasioner. Untuk N = 2, ada dua cara penempatan ubin, yaitu secara horizontal atau vertikal. Jadi kita anggap F1 = 1 dan F2 = 2. Dari hasil pengulangan garis FN di atas, kita dapat dengan mudah menghitung F8, seperti: masing-masing dimulai dari F1 = 1 dan F2 = 2. Kata selanjutnya diperoleh dengan menjumlahkan dua kata terakhir. Oleh karena itu, hasil barisan FN adalah sebagai berikut:
{FN} = 1,2,3,5,8,13,21,34,…
Jadi penyelesaian yang diperlukan adalah F8 =34.
Tantangan 2: Menyimpan Pancake
Masalah penempatan pancake dapat kita selesaikan dengan berpikir dua kali seperti ini: untuk memindahkan n pancake dari piring A ke piring C (menggunakan piring B sebagai tempat sementara), kita dapat melakukan hal berikut:
1. Pindahkan n – Satu sisi atas dari pelat A ke pelat B (menggunakan pelat C sebagai posisi sementara)2. Pindahkan pancake bagian bawah (besar) dari piring A ke C3. Pindahkan n – 1 pancake dari piring B ke piring C
Jika jumlah langkah yang sedikit untuk memindahkan n pancake didefinisikan sebagai langkah HN, maka kita memerlukan langkah langkah HN-1 no. 1 dan 3 diatas, sedangkan langkah no.2 hanya membutuhkan satu langkah saja.
Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa barisan HN dapat didefinisikan secara rekursif menggunakan relasi berikut:
HN=HN-1+1+HN-1= 2HN-1+1
Sebagai dasar analisa jelas H1 = 1. Berdasarkan hal tersebut maka kita dapat menghitung deret HN sebagai berikut:
{HN} = 1, 3, 7, 15, 31, 63, …
Jadi jawaban yang diinginkan adalah H6=63.
Disc: Solusi Informatika di atas hanya digunakan oleh orang tua atau wali untuk membimbing anak dalam belajar. Sebelum melihat kunci jawabannya, pastikan anak sudah melakukannya sendiri terlebih dahulu.
(geosurvey.co.id/Rinanda)