geosurvey.co.id – Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 262 Silabus Kemerdekaan ada dibawah ini.
Halaman ini ada di Bab 4 yang berjudul Probabilitas dan Sampling.
Pada halaman 262, siswa diminta mengerjakan Latihan 4.14 yang membandingkan metode pengambilan sampel. Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 262 Silabus Mandiri
Studi 4.14 Membandingkan metode pengambilan sampel
Guru Anda akan memberi peringkat pada semua siswa. Siswa yang lebih tinggi berada di barisan belakang, sedangkan siswa yang lebih pendek berada di barisan depan. Setelah itu, siswa yang di depan diberi kartu nomor 1, yang di belakangnya diberi kartu nomor 2, dan seterusnya sampai semua siswa mendapat nomor yang berurutan.
1. Anda mengambil sampel teman Anda untuk diukur tinggi badannya. Berikut adalah beberapa cara yang mungkin dilakukan.
A. Kamu memilih 5 orang temanmu untuk berdiri di barisan paling depan.b. Semua kartu teman Anda dikumpulkan dalam kotak tertutup dan kotak tersebut dikocok beberapa kali. Setelah itu anda ambil 5 kartu sekaligus. Teman Anda yang memiliki urutan yang sama dengan kartu yang dipilih akan dipilih sebagai sampel.c. Caranya sama seperti bagian B, namun hanya diambil satu kartu saja dari kotaknya. Empat angka sisanya adalah empat angka yang mengikuti angka yang ditarik. Misal diambil angka 11 maka empat angka berikutnya adalah 12, 13, 14 dan 15.
Dari ketiga metode pengambilan sampel, metode manakah yang paling mungkin memperoleh sampel yang representatif?
Jawaban: Metode pengambilan sampel a tidak menghasilkan sampel yang representatif karena menghasilkan data yang bernilai rendah. Karena pemilihannya acak, metode b lebih mungkin memperoleh sampel yang representatif. Artinya setiap siswa dipilih untuk mendapatkan kesempatan yang sama. Dengan metode c, data yang diperoleh bersifat agregat, sehingga metode ini kurang baik untuk memperoleh sampel yang representatif.
2. Gurumu mempunyai cara lain untuk memilih pola. Metode ini melibatkan penggunaan roda berputar dimana siswa berbaris dalam beberapa baris. Untuk memilih sampel, roda diputar sebanyak 5 kali.
A. Apakah sampel yang dipilih oleh guru Anda merupakan sampel yang representatif?
Jawaban: Kemungkinan besar diperoleh sampel yang representatif karena prosesnya dilakukan secara acak.
B. Apakah metode gurumu sama dengan metodemu di Bagian 1b? Mengapa
Jawaban: Caranya berbeda. Metode 1b tidak memperbolehkan seorang siswa dipilih lebih dari satu kali, sedangkan metode guru memperbolehkan seorang siswa dipilih lebih dari satu kali.
*) Penafian:
– Artikel ini hanya ditujukan bagi orang tua untuk membimbing proses belajar anaknya.
– Sebelum melihat kunci jawabannya, sebaiknya siswa menjawab sendiri terlebih dahulu dan menggunakan artikel ini untuk mengoreksi pekerjaan siswa.
(geosurvey.co.id/Vidya)