geosurvey.co.id – Berikut kunci jawaban Modul 1: Mendukung Lingkungan yang Aman, Ramah, dan Mandiri.
Modul 1: Mendukung lingkungan belajar yang aman, ramah dan menyenangkan adalah bagian dari kursus dasar.
Guru dapat menjawab beberapa pertanyaan pada modul 1 melalui belajar mandiri di platform Merdeka Mengajar.
Terdapat 6 soal pilihan ganda pada Modul 1: Bekerja sama untuk lingkungan belajar yang aman, bersahabat, dan menyenangkan.
Salah satu pertanyaannya adalah: Apakah guru sekolah mengundang Anda untuk merancang dan menetapkan tujuan program sekolah? Menurut Anda mengapa semua anggota perlu dilibatkan dalam menetapkan tujuan program sekolah?
Secara umum, berikut jawaban atas pertanyaan kunci Modul 1: Mendukung lingkungan yang aman, ramah dan mandiri di PMM. Kunci Jawaban Modul 1: Mendukung lingkungan belajar yang aman, ramah dan menyenangkan
1. Apakah Anda diminta oleh kepala sekolah untuk mengembangkan dan menetapkan tujuan kurikulum? Menurut Anda mengapa semua anggota perlu dilibatkan dalam menetapkan tujuan program sekolah?
A. Menyadari bahwa setiap orang mempunyai peran penting dalam semua program yang kami siapkan. Untuk pendistribusian informasi sekolah yang baik kepada seluruh kelompok C. Untuk mencapai tujuan program.D. Untuk meningkatkan kinerja kepala sekolah. Jawaban : A. Menyadari bahwa setiap orang mempunyai peranan penting dalam setiap program yang direncanakan.
2. Di kelas 4A Pak Maman terdapat seorang siswa yang mempunyai kelainan fisik dan harus menggunakan kursi roda dalam beraktivitas.
A. Identifikasi faktor-faktor relevan yang mungkin berkontribusiB. Mendefinisikan tujuan keberhasilan sekolah bagi siswa C. Mendefinisikan tugas dan tanggung jawab masing-masing pihakD. Tetapkan tujuan kolaboratif. Jawaban: A. Identifikasi elemen-elemen relevan yang mungkin terkena dampak
3. Dalam pengabdian masyarakat untuk membersihkan lingkungan sekolah, banyak kelompok yang tidak berpartisipasi aktif. Menurut Anda apa hasilnya?
A. Menimbulkan kecemburuan di kalangan tim B. Butuh waktu lama dalam menyelesaikan pekerjaan dan kurang baik C. Kepala sekolah dinilai kurang mampu mengelola lingkungan sekolah dengan baik. Bagi yang tidak ikut akan dikenakan sanksi Jawaban: C. Kepala sekolah dinilai tidak mampu mengelola lingkungan sekolah dengan baik.
4. Kolaborasi seperti apa yang paling baik dilakukan guru untuk mengatasi masalah siswa yang tidak bisa membaca?
A. Kerjasama dengan guru lain dalam pengembangan program membaca B. Kerjasama dengan dinas pendidikan untuk meningkatkan mutu guruC. Bekerja dengan teman untuk belajar membaca dan matematikaD. Bekerja sama dengan dewan sekolah untuk menyediakan materi yang diperlukan Jawaban: A. Bekerja sama dengan guru lain untuk mengembangkan program membaca
5. Ibu Nanda berusaha semaksimal mungkin agar Alika bisa membaca dan menulis. Namun upaya yang dilakukan belum membuahkan hasil. Bu Nanda merasa gagal menjadi guru. Untuk mengatasi masalah Alika, Bu Nanda perlu bekerja sama dengan siapa?
A. Guru, orang tua dan masyarakat.B. Guru, orang tua dan teman sekelas.C. Guru dan kepala sekolah serta masyarakat.D. Layanan orang tua, sosial dan pendidikan. Jawaban : B. Guru, orang tua dan teman sekelas.
6. Pada alur desain terpadu, langkah setelah identifikasi masalah berbasis data adalah….
A. Merumuskan tujuan kemitraan B. Mengidentifikasi komponen-komponen yang terlibat C. Tetapkan tujuan yang dapat dicapaiD. Menetapkan peran dan tanggung jawab Kunci Jawaban: B. Mengidentifikasi unsur-unsur pertanyaan opsional yang disajikan dalam Modul 1: Bekerja sama untuk lingkungan belajar yang aman, ramah dan menyenangkan di PMM.
1. Mengapa beberapa departemen sulit mengembangkan budaya kerjasama?
A. Karena segala sesuatu yang ada di sekolah mempunyai tanggung jawabnya masing-masing. B. Karena biasanya semua unsur yang ada di sekolah mempunyai tanggung jawab yang lebih tinggi dan lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaannya sendiri. C. Karena tidak semua kepala sekolah mempunyai kemampuan komunikasi yang baik.D. Karena komunikasi yang efektif datang dari seluruh elemen sekolah. Jawaban: A. Karena setiap bab di sekolah mempunyai tanggung jawab yang berbeda-beda.
2. Pernyataan manakah di bawah ini yang merupakan bentuk kerjasama dengan departemen akademik?
A. Guru dan siswa membaca bersama secara mandiri.B. Guru bahasa Indonesia bekerja sama mengembangkan bahan ajar kelas 3 semester 1.C. Kepala sekolah menghadiri pertemuan cluster, guru mengajar di kelas.D. Guru mengkomunikasikan hasil belajar siswa kepada orang tua. Jawaban: B. Guru kursus bahasa Indonesia bekerja sama mengembangkan bahan ajar kelas 3 semester 1.
3. Sikap terbuka apa yang harus ditunjukkan orang tua untuk mendukung kerjasama yang efektif dengan pihak sekolah?
A. Menyerahkan pendidikan anak sepenuhnya kepada sekolah B. Percaya segala informasi yang diberikan guru C. Menceritakan kepada guru keadaan anak yang sebenarnya.D. Membawa semua masalah keluarga ke sekolah Jawaban: C. Mengatakan yang sejujurnya kepada guru.
4. Apa contoh kolaborasi yang efektif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman, ramah dan menyenangkan?
A. Seorang guru bahasa Indonesia mengembangkan program untuk mengatasi masalah membaca siswa 2 B. Guru bersama-sama mengembangkan lingkungan belajar untuk meningkatkan pengajaran.C. Guru mendapatkan uang untuk memberikan bantuan sosial.D. Para guru bersama orang tua menyelenggarakan upacara wisuda bagi siswanya. Jawaban : A. Seorang guru bahasa Indonesia menyusun rencana untuk mengatasi kesulitan siswanya dalam membaca 2.
5. Peran guru dalam kerjasama dapat berupa:
A. Mendorong berkembangnya budaya keterbukaan, saling menghormati dan menerima perbedaan di kalangan siswa.B. Berkomunikasi dan bekerjasama dengan sesama guru C. Memberikan informasi yang lengkap, akurat dan lengkap tentang putra-putrinya kepada guru dan pihak sekolah.D. Menunjukkan dukungan yang tulus terhadap kegiatan pelatihan individu berdasarkan kemampuan individunya. Jawaban: B. Berkomunikasi dan berkolaborasi dengan teman sekelas
*)CATATAN: Kunci Jawaban Berkolaborasi untuk Lingkungan Belajar yang Aman, Ramah, dan Menyenangkan Artikel ini hanya untuk referensi guru yang bekerja dengan PMM.
Urutan pertanyaan dan jawaban boleh acak.
(geosurvey.co.id/Sri Juliati)