geosurvey.co.id – Inilah kunci jawaban PSE PPG Daljab 2024 Modul 2 Pembelajaran Sosial Emosional.
Melalui soal-soal di platform Medeka Mengajar (PMM), peserta PPG Daljab 2024 diminta menjawab soal latihan pemahaman terhadap Modul 2 Topik 2 Social Emotional Learning (PSE).
Daljab PSE PPG 2024 Modul 2 Soal itu apa saja dan bagaimana cara penerapannya.
Artikel ini memberikan kunci jawaban Latihan Pemahaman PSE Unit 2 Topik 2 yang dapat digunakan oleh sebagian guru PPG dalam pengajarannya.
Baca seluruh Soal Jawab Modul 2 PSE PPG Daljab 2024 dan Kunci Jawaban YouTube Prov Bin Saro dibawah ini. Kunci Jawaban Modul 2 PSE PPG Daljab 2024
1. Apabila seorang guru telah berhasil menjalin dan memelihara hubungan/hubungan yang sehat dan efektif dengan berbagai lingkungan seperti siswa, orang tua, masyarakat dan lain-lain, berarti guru tersebut mempunyai kompetensi sosial emosional yaitu kompetensi. .
A. Keterampilan berkomunikasi B. Pengaturan diri C. Kesadaran sosial D. Kesadaran sosialE. Pengambilan keputusan yang bertanggung jawabF. Kunci Jawaban Percaya Diri : A
2. Berikut ini keterampilan sosial emosional menurut Cassel, kecuali…
A. percaya diriB. pengelolaan proses pembelajaranC. pengendalian diriD. pengambilan keputusan yang bertanggung jawabE. kesadaran sosial Kunci Jawaban : B
3. Mengapa penting untuk memahami perspektif perkembangan siswa dari waktu ke waktu dalam konteks pembelajaran sosial-emosional?
A. Agar siswa dapat lebih fokus pada prestasi akademiknya.B. Untuk mengevaluasi kegiatan administrasi sekolah.C. Merumuskan norma-norma yang sesuai dengan usia dan tugas perkembangan siswa.D. Menunjukkan kasih sayang terhadap situasi individu dengan latar belakang berbeda.E. Sehingga siswa dapat mengambil keputusan yang bertanggung jawab. Kunci Jawaban: C
4. Ada beberapa teknik pelatihan social emosional skill (SES), diantaranya adalah teknik STOP. Teknik ini digunakan untuk melatih keterampilan sosial emosional berikut…
A. kesadaran sosialB. kesadaran diri C. pengendalian diriD. keterampilan sosialE. pengambilan keputusan yang bertanggung jawab Kunci Jawaban : C
5. Bagaimana penerapan teknik “Empathy Walk” yang efektif dapat berkontribusi terhadap pengembangan kompetensi sosial emosional siswa dengan memadukan unsur kegiatan lapangan dan refleksi?
A. Memahami perbedaan budaya di lingkungan dan mempersepsikan pengalaman tersebut B. Menilai dampak positif terhadap kesejahteraan mental siswaC. Mendorong siswa untuk membuat keputusan yang bertanggung jawabD. Sehingga siswa dapat lebih fokus pada keberhasilan akademik. Buat daftar opsi spesifik dan jelaskan pengalaman pribadi Anda. Kunci Jawaban: A
6. Guru bangga menciptakan suasana yang mendukung keberagaman dan melibatkan setiap siswa dalam pembelajaran. Pilih notifikasi yang paling efektif dari opsi di bawah.
A. Memberikan salam umum kepada seluruh kelas.B. Identifikasi polimorfisme hanya dalam deklarasi kelas.C. Diawali dengan kisah inspiratif terkait keberagaman dan memberikan ruang bagi siswa untuk berbagi pengalaman.D. Sebutkan beberapa fakta tentang keberagaman di dunia E. Hindari topik keberagaman untuk menghindari ketidaknyamanan. Kunci Jawaban: C
7. Sekolah memutuskan untuk menerapkan strategi pengambilan keputusan yang dikenal dengan akronim POOCH (Problem, Opportunities, Outcomes, Choice, How).
Strategi ini diintegrasikan ke dalam pembelajaran sosial dan emosional untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam mengambil keputusan yang bertanggung jawab.
Di bawah ini adalah pernyataan yang benar tentang perkembangan kemampuan tersebut…
A. Penggunaan strategi POOCH tidak berhubungan dengan pembelajaran sosial emosional.B. Pengambilan keputusan yang beralasan hanya melibatkan analisis fakta tanpa mempertimbangkan dampak sosial.C. Berpikir kritis tidak mendorong pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.D. Menggunakan strategi POOCH membantu siswa membuat keputusan setelah menganalisis informasi.E. Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab tidak memerlukan pemahaman tentang konsekuensi tindakan. Kunci Jawaban: D
8. Di sekolah, Adam sering merasa stres akibat tumpukan tugas akademik. Salah satu guru menyarankan agar Adam mencoba teknik “hitung sampai 10” ketika dia merasa stres.
Adam mencoba teknik ini dan ternyata teknik ini membantunya tenang dan fokus. Berdasarkan contoh ini, pengendalian diri dan motivasi apa yang dikembangkan Adam?
A. mengembangkan tujuan pembelajaran yang konsistenB. pertimbangkan perspektif lain dengan Think-Pair-ShareC. berpartisipasi dalam permainan kelompok D. mengidentifikasi kekuatan dan budaya Anda melalui kegiatan reflektif E. kendalikan emosi dengan menghitung sampai 10. Kunci Jawaban : E
9. Seorang guru harus mampu merencanakan pembelajaran menggunakan tiga strategi berbeda, pembukaan yang hangat dan inklusif, kegiatan yang menantang dan melibatkan siswa, dan penutupan yang menyegarkan dengan alasan…
A. Pembukaan yang hangat diperlukan untuk membangun hubungan masyarakat dan terhubung dengan pembelajaran yang akan dilakukan. Pembukaan yang hangat sangat penting untuk membangun hubungan masyarakat dan menghubungkan pembelajaran yang telah dilakukan. C. Kegiatan pembelajaran yang menantang dan menarik harus mencapai keseimbangan antara pengalaman interaktif dan reflektif untuk memenuhi kebutuhan pendidik. Kesimpulan yang cemerlang hendaknya menekankan pemahaman dan makna guru terhadap apa yang dipelajarinya untuk memberikan rasa pencapaian dan mendukung pemikiran lebih lanjut. Kunci Jawaban: A
10. Seorang guru ingin mengakhiri pembelajaran dengan kesimpulan yang optimis sesuai dengan 3 kerangka tanda tangan. Sebelum menutup, guru mengadakan refleksi bersama terhadap pembelajaran hari itu.
Namun masih terdapat beberapa siswa yang masih belum memahami sepenuhnya konsep yang diajarkan. Di sisi lain, beberapa siswa lain tampak tertarik dan siap untuk belajar lebih lanjut.
Fokus pertanyaan yang dibenarkan cornersatu.id adalah: Bagaimana cara guru mengelola situasi ini, menciptakan penutupan yang tetap ceria sekaligus memastikan setiap siswa merasa diterima dan didukung?
A. Memberikan penghargaan secara umum atas partisipasi seluruh kelas dan mengabaikan perbedaan pemahaman individu.B. Mengajukan pertanyaan terbuka kepada seluruh kelas untuk memberi semangat kepada siswa yang membutuhkan pemahaman lebih lanjut.C. Mengajak siswa yang sudah memahami konsep untuk berbagi pemahamannya sekaligus memberikan waktu tambahan kepada siswa yang masih kesulitan.D. Pergeseran fokus dari pemahaman individu ke rencana pembelajaran masa depan untuk menjaga suasana positif.E. Simpan refleksi bersama untuk sesi belajar berikutnya ketika semua siswa diharapkan memahami konsep secara utuh. Kunci Jawaban:B
*) Disclaimer : Jawaban Modul 2 PSE PPG 2024 Artikel ini hanya sebagai referensi bagi guru yang menggunakan Daljab PPG 2024 untuk mengerjakan PMM.
Urutan pertanyaan dan jawaban boleh acak.
(geosurvey.co.id/M Alvian Fakka)