geosurvey.co.id – SMART Module 3.11 Kunci Jawaban Kementerian Agama Implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450/2024 untuk Jenjang Madrasah Aliyah (MA).
Modul Soal 3.11 Proyek Peningkatan Profil Siswa Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin (P5RA) Part 2 merupakan materi pendidikan implementasi Kurikulum Madrasah versi KMA 450/2024 pada platform PINTAR Kementerian Agama.
Sebelum mengerjakan soal latihan Modul 3.11 PINTAR Kemenag P5RA Part 2 pada platform Kemenag PINTAR, https://pintar.kemenag.go.id/, para guru dianjurkan untuk belajar terlebih dahulu.
Mereka berkesempatan menjawab sebanyak 10 kali sebelum menjawab pertanyaan seputar MOOC (Massive Open Online Course) berbasis modul P5RA PINTAR 3.11 Kemenag.
Selengkapnya lihat Kunci Jawaban Modul 3.11 PINTAR Kemenag P5RA Part 2 Jenjang MA dibawah ini. Kunci Jawaban Modul 3.11 SMART Kemenag P5RA Part 2
1. Profil peserta didik yang ingin kita bangun di madrasah adalah peserta didik Pancasila dan Rahmatan l’Alamin, yaitu peserta didik Indonesia seumur hidup yang
A. Kompeten, berakhlak dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan moderat dalam beragama B. Berkarakter dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai agama dan sosial masyarakat C. Kompeten, berakhlak dan berperilaku sesuai dengan agama dan Pancasila. Sebuah tanda yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila dan moderat dalam iman Islam. Kompeten dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan Isiam Kunci Jawaban : A
2. KMA 450 Tahun 2024 mengatur bahwa mata kuliah umum memuat kompetensi, isi pembelajaran, dan beban pembelajaran. Apa yang dimaksud dengan beban belajar pada program ko-kurikuler?
A. Arus Pembangunan (AP) B. TindakanC. Alokasi waktu ko-kurikulumD. Topik tertentuE. Elemen dan Subelemen Kunci Jawaban : C
3. Sikap membangun persaudaraan berdasarkan agama, kemanusiaan, dan kewarganegaraan. (Ukhuwah diniyyah, basyariah, wataniyah) merupakan salah satu nilai Rahmatan lil Alamin yang disebut…
A. Qudwah (Contoh) B. Tasamuh (Toleransi)C. Ta’addub (beradab) D. Muwatanah (bemegara)E. Tathawwur wa ibtikar (Dinamis dan Inovatif) Kunci Jawaban : B
4. KMA 450 Tahun 2024 mengatur bahwa mata kuliah umum memuat kompetensi, isi pembelajaran, dan beban pembelajaran. Isi pembelajaran pada mata pelajaran umum yang dimaksud adalah…
A. Penetapan kurikulumB. Topik khusus C. Unsur dan sub unsurD. DimensiE. Kunci Jawaban Development Stream (AP): C
5. Rahmatan lil “Alamin mau
A. Memperkuat pandangan, sikap dan pengamalan agama Jalan Tengah (wasatiyah) untuk membangun kerukunan umat beragama dan kerukunan yang dianut di Madrasah se-Indonesia
B. Memperkuat moderasi beragama untuk memperkuat kerukunan dan kerukunan umat beragama di seluruh Indonesia
C. Memperkuat praktik keagamaan yang moderat untuk membangun kerukunan umat beragama dan kerukunan yang dianut di madrasah seluruh Indonesia
D. Penguatan kerukunan umat beragama yang dianut di seluruh Indonesia
E. Memperkuat persatuan dan kesatuan umat beragama di Indonesia melalui pendidikan karakter Kunci Jawaban: A
Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan sebagai pedoman guru saat bekerja dengan Implementasi Kurikulum Kemenag Versi PINTAR KMA 4150/2024 Tingkat Madrasah MA Modul 3.11 Bagian 2.
Urutan pertanyaan dan jawaban boleh acak.
(geosurvey.co.id/M Alvian Fakka)