geosurvey.co.id – Inilah kunci jawaban mempelajari dan membahas modul 3.5 Kurikulum Madrasah – Bagian 2 Tingkat Madrasah Ibtidayah (MI).
Modul 3.5 Pendidikan dan Penilaian dalam Kurikulum Madrasah – Bagian 2 merupakan bagian dari Pendidikan Eksekutif Madrasah Model KMA 450/2024.
Kunci jawaban ini diperuntukkan bagi guru yang akan mendapat pelatihan PINTAR dari Kementerian Agama pada platform https://pintar.kemenag.go.id/.
Terdapat sepuluh soal pilihan ganda pada modul 3.5 Kajian dan Penelitian Kurikulum Madrasah – Bagian 2.
Pada saat mengerjakan soal latihan 3.5 Pembelajaran dan Penilaian pada Kurikulum Madrasah Bagian 2, guru diminta melakukan penelitian terlebih dahulu. Mereka mempunyai kesempatan menjawab sepuluh kali.
Selengkapnya lihat kunci jawaban modul 3.5 Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum Madrasah Bagian 2 Tingkat MI KMA Edisi 4150/2024 dalam SMART Teaching Kementerian Agama. Jawaban 3.5 Pembelajaran dan penilaian pada kurikulum Madrasah Bagian 2 Tingkat MI
1. Guru melakukan penilaian berdasarkan keadaan, karakteristik atau kebutuhan khusus siswa, yang merupakan salah satu definisi standar penilaian.
A. Guru B. Tujuan C. File D. Sistem
Jawaban : C. Adil
2. Memulai pembelajaran dengan pendekatan sistematis dari muatan umum ke muatan khusus adalah dengan cara merangkum Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dari situ.
A. Pengukuran deduktif B. Metode scaffolding C. Dari komputasi ke abstrak D. Pengukuran sederhana ke kompleks
Jawaban: A. Penarikan pesanan
3. Perhatikan tabel berikut! 1. Langkah A. Menyediakan berbagai sumber belajar
2. Produk B. Metode pembelajaran dan jenis dukungan dapat berbeda-beda tergantung pada tingkat kesiapan siswa.
3. C. Konten dapat membedakan pembelajaran dengan produk yang diciptakan.
Dua jenis pembelajaran berbeda disajikan
A. 1-B, 2-A,3-C B. 1-C,3-B,2-A C 1-B, 2-C, 3-A D 1-A,2-B, 3-C
Jawaban: C 1-B, 2-C, 3-A
4. Inilah prinsip-prinsip pendidikan yang benar, yaitu
A. Relasional, merangsang, berkembang dan menantang B. Memperkaya, merangsang, menyenangkan dan menantang C. Relasional, merangsang, menyenangkan dan menyenangkan D. Sosial, mengasyikkan, menyenangkan dan penuh tantangan
Jawaban : D. Interaktif, menarik, menyenangkan dan menantang
5. Perhatikan berbagai pernyataan pembelajaran di bawah ini. 1) Pembelajaran yang berbeda dapat dilakukan melalui produk yang diciptakan 2) Pemberian materi pembelajaran yang berbeda 3) Proses pembelajaran dan bentuk konsultasi dilakukan sesuai dengan tingkat kesiapan siswa.
A) Keberagaman isi b) Keberagaman proses c) Keberagaman produk Kombinasi pernyataan yang tepat dan gaya belajar yang tepat adalah
A.1-c; 2-b; 3-a B.2-c; 3-b; 1-a C.2-a; 3-b; 1-c D.1-c; 2-a; 3-b
Jawaban: C.2-a; 3-b; 1-c
6. Komponen raport minimal pada tingkat MI mandiri yaitu
A. identitas siswa, nama madrasah, kelas, semester, mata pelajaran, nilai, rincian, catatan guru, kehadiran dan kegiatan ekstrakurikuler B. identitas siswa, nama madrasah, kelas, semester, mata pelajaran, nilai, tumbuh kembang anak, catatan guru, kehadiran dan kegiatan ekstrakurikuler C. identitas siswa, nama sekolah, kelas, semester, mata pelajaran, nilai, rincian, pendapat orang tua, kehadiran di sekolah kelas reguler dan kegiatan ekstrakurikulerD. Identitas Siswa, Nama Sekolah, Tahun, Semester, Mata Pelajaran, Nilai, Informasi Detail, Catatan Guru, Kehadiran dan Kegiatan Ekstrakurikuler
Jawaban: A. Identitas siswa, nama sekolah, kelas, semester, mata pelajaran, nilai, rincian, catatan guru, kehadiran, dan kegiatan ekstrakurikuler
7. Dasar penerapan kurikulum mandiri di sekolah meliputi pengertian dan tingkat perkembangan profil siswa Pancasila serta pemilihan topik yang dapat digunakan untuk memperkuat profil siswa Pancasila di sana.
A. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan UU No. 21 Tahun 2022 B. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. Tanggal 16 Tahun 2022 C. Keputusan Direktur BSKAP No. 031/H/KR/2024 Tahun 2024 D. Keputusan Direktur BSKAP No. 032/H/KR/2024 Tahun 2024
Jawaban : C. Surat Perintah Direktur BSKAP no. 031/H/KR/2024 Tahun 2024
8. Komponen minimal nilai rapor di SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA adalah
A. Semester, Pengertian Prestasi Akademik, Catatan Guru dan Kehadiran B. Kelas, Catatan Guru, Kehadiran, dan Kegiatan Program C. Semester, Refleksi Orang Tua, Perkembangan Anak dan Kelas D. Ciri-ciri Siswa, Suatu Mata Pelajaran, Umur, , Uraian Pengembangan Prestasi Pendidikan
Jawaban : D. Ciri-ciri siswa, umur, mata pelajaran, gambaran perkembangan prestasi akademik.
9. Perhatikan pernyataan ini.
1) Konkurensi dan proses pembelajaran berlanjut 2) Jalankan di akhir sumber daya 3) Bersifat opsional dan dapat digunakan dengan mudah 4) Gunakan metode dan alat yang berbeda 5) Dan – Menentukan kemajuan belajar siswa termasuk Karakteristik integrasi penilaian
A (1), (2) dan (3) B. (2), (4) dan (5) C. (2), (3) dan (5) D. (1), (2) dan (5 ) ) )
Jawaban : B. (2), (4) dan (5)
10. Jika karakteristik topik pembelajaran tergantung pada tujuan pembelajaran, maka pilihan desain rapor yang tepat adalah.
A. Seleksi rata-rata B. Seleksi individu C. Seleksi berbobot D. Persentase seleksi
Jawaban: B. Pilihan pribadi
Pertanyaan lain muncul:
1. Perhatikan pernyataan ini.
1) Proses pembelajaran secara serentak dan berkesinambungan 2) Dilakukan bila batasnya telah habis 3) Bersifat opsional dan dapat digunakan dengan mudah 4) Menggunakan metode dan alat yang tersedia 5) Menentukan kemajuan belajar siswa
A. (1), (2) dan (3) B. (2), (4) dan (5) C. (2), (3) dan (5) D (1), (2) dan (5 ) ) )
Jawaban: B. (2), (4) dan (5)
2. Perhatikan tabel berikut!
1. Penilaian digunakan sebagai umpan balik kepada guru, siswa, dan orang tua untuk meningkatkan proses belajar mengajar 2. Penilaian didasarkan pada informasi faktual tentang pencapaian perkembangan atau hasil belajar siswa 3. Guru mengevaluasi berdasarkan karakteristik atau kebutuhan khusus siswa. peserta pengajaran. Prinsip-prinsip penelitian pendidikan dapat disusun sebagai berikut:
Objektif, personal dan pedagogis B. Kemanusiaan, motivasi dan pembelajaran
Jawaban : D. akademik, obyektif dan benar
Disclaimer: Jawaban di atas hanya dimaksudkan sebagai panduan bagi guru dalam mengimplementasikan modul 3.3 kurikulum Madrasah bagian 2 MI tingkat KMA 4150/2024 Guru Edisi dan Pelatihan SMART Kemenag. Urutan pertanyaan dan jawaban bisa acak.
(geosurvey.co.id/Sri Juliati)