geosurvey.co.id – Kunci Jawaban Modul 3.6 Implementasi SMART Kurikulum Madrasah KMA 450/2024 Versi Kementerian Agama untuk Jenjang Madrasah Aliyah (MA).
15 soal Modul 3.6 Kurikulum Madrasah (Pengayaan) bagian 2 dibawah ini merupakan bahan kajian implementasi Kurikulum Madrasah Versi KMA 450/2024 pada platform PINTAR Kementerian Agama.
Sebelum mengerjakan soal latihan PINTAR Modul 3.6 Kurikulum (Pengayaan) Madrasah Kemenag bagian 2 di platform PINTAR Kemenag, https://pintar.kemenag.go.id/, guru diminta mempelajarinya terlebih dahulu
Mereka berkesempatan menjawab soal modul 3.6 Kurikulum Madrasah (Pengayaan) bagian 2 MOOC (Massive Open Online Course) dalam MOOC (Massive Open Online Course).
Selengkapnya lihat kunci jawaban Modul 3.6 Kurikulum Madrasah Kemenag (Pengayaan) PINTAR bagian 2 untuk jenjang MA di bawah ini. Kunci Jawaban Modul 3.6 Kurikulum Madrasah Kemenag PINTAR (Pengayaan) Bagian 2
1. Penyelenggaraan pendidikan adalah cara madrasah sekaligus menyelenggarakan isi program pendidikan. Organisasi ini juga mencakup pengelolaan beban mengajar dalam struktur kurikulum, isi mata pelajaran dan bidang studi, penentuan waktu belajar dan proses pengajaran. Kegiatan ko-kurikuler meliputi…
A. Pembelajaran kolaboratif dalam disiplin sains melibatkan pengamatan, penelitian, dan/atau pengembangan solusi terhadap permasalahan dunia nyata yang mempengaruhi siswa.
B) kegiatan madrasah berupa pelayanan yang ditujukan untuk pengembangan minat dan bakat, serta pendidikan dan pelatihan kesalehan sosial.
C) meliputi kegiatan belajar yang terbagi antara mata pelajaran yang satu dengan mata pelajaran yang lain
D. memuat kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai jadwal dan beban pembelajaran dalam struktur kurikulum Kunci Jawaban : A.
2. Menganalisis karakteristik madrasah merupakan hal penting yang harus dikembangkan baik secara internal maupun eksternal. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun analisis karakter madrasah, antara lain…
A. Visi, Misi dan Tujuan Madrasah, Program Pendidikan dan Organisasi Pendidikan B. Visi, Misi dan Tujuan Madrasah, Organisasi Pelatihan, Perencanaan Pelatihan B. Pemaparan, Misi dan Tujuan Madrasah, Organisasi Pendidikan dan Tujuan Pendidikan D Madrasah , misi dan tujuan, perencanaan pembelajaran dan pengembangan pembelajaran: Kunci Jawaban
3. Kurikulum Madrasah dikembangkan dan dikelola dengan mengacu pada struktur dan standar kurikulum yang ditetapkan pemerintah dan disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, madrasah, dan daerah. Kurikulum madrasah memiliki prinsip-prinsip yang harus diterapkan yaitu berpusat pada peserta didik, kontekstual, relevan, responsif dan inklusif terhadap berbagai pemangku kepentingan yang terlibat dalam pengembangan kurikulum madrasah.
A. Warga madrasah saja B. Panitia Madrasah, orang tua, organisasi. madrasah dan komite orang tua. Warga Madrasah, Panitia Madrasah, Panitia, Organisasi, berbagai MAK/MA dan pusat keterampilan Kunci Jawaban : D
4. Menganalisa karakteristik madrasah, madrasah yang dekat dengan universitas, kemudian melakukan kerjasama dalam bidang pendidikan, seperti pelatihan bagi peserta didik yang berhasil, analisis SWoT madrasah khususnya dalam hal…
A. Kegunaan B. Kekuatan C. Perkembangan D. Pilihan Kunci Jawaban : D
5. Pengembangan unsur-unsur penyelenggaraan pendidikan, seperti struktur program pendidikan (dalam kelas, P5RA, Ekstra Kurikulum, PKL keterampilan MAK dan MA Plus), pendekatan isi pengajaran dari berbagai sumber berdasarkan hasil dari analisis. dan cerminan kondisi madrasah, termasuk penyelenggaraan dunia pendidikan.
A. Tahap Perkembangan B. Tahap Awal C. Tahap LanjutanD. Kunci Jawaban Persiapan : D
6. Memiliki guru yang sebagian besar bergelar magister, kemampuan siswa di atas rata-rata, serta sarana dan prasarana madrasah yang sempurna, dalam analisis SWOT untuk…
A. Kekuatan B. Kekurangan C. Ancaman D. Kunci Pilihan Jawaban : A
7. Dalam analisis karakteristik madrasah, pemikiran yang harus dikembangkan adalah pemikiran pertumbuhan. Ciri-ciri mindset berkembang antara lain…
A) berani melakukan hal baru, berpikiran terbuka B. berani melakukan hal baru, dinamis tanpa mengkritik pihak lain, terbuka, dinamis dan melakukan hal yang sudah dilakukanC. kegiatan yang terbuka, dinamis dan berkesinambungan yang dilakukan oleh orang lainD. terbuka, dinamis dan melakukan hal-hal yang telah dilakukan: A
8. Segala hal yang berkaitan dengan informasi penting yang diperlukan dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami merupakan prinsip pengembangan kurikulum madrasah, jadi…
A. Relevan B. Berorientasi pada peserta didik C. Kontekstual D. Kunci Jawaban Bertanggung Jawab : A
9. Perhatikan tabel di bawah ini!
1). Analisis kekuatan dan perbaikan madrasah dalam perencanaan dan pengelolaan pembelajaran, dengan mempertimbangkan perspektif kebijakan regional/nasional dan pandangan/masukan pemangku kepentingan (internal dan eksternal madrasah)
2). Menganalisis kelebihan dan kemajuan madrasah dari segi perencanaan dan pengelolaan dari sudut pandang peserta didik
3). Analisis kelebihan dan kemajuan madrasah ditinjau dari perencanaan dan pengelolaan pembelajaran, dengan mempertimbangkan sudut pandang siswa dan orang tua
4). Analisis kelebihan dan kemajuan madrasah dalam bidang perencanaan dan pengelolaan pembelajaran
Urutan tahapan analisis ciri-ciri madrasah dari tahap pertama sampai tahap lanjutan…
A.4,1,3,4B. 4,3,2,1C. 4,2,1,3D. 4,2,3,1 Kunci Jawaban : C
10. Pola berpikir manusia dibedakan menjadi 2, yaitu pemikiran tetap dan pemikiran berkembang. Salah satu ciri dari fixed mindset adalah…
A. Selalu update B. Lakukan sesuatu dengan pikiran AndaC. Jangan takut melakukan hal-hal baru/inovatif D. Selalu lebih menyukai karya orang lain. Kunci Jawaban : D
11. Pengembangan program pendidikan madrasah berdasarkan kerangka dan struktur pendidikan, berdasarkan karakteristik dan kebutuhan madrasah, adalah proses pengembangan program pendidikan berdasarkan kerangka…
A. DinamisB. BakuC. Sobit D. Kunci Jawaban Elastisitas : A
12. Pernyataan tentang struktur program pendidikan pada mata pelajaran tertentu di Madrasah Aliyah berikut ini tidak benar, yaitu.
A. alokasi 30-35 mata pelajaran pilihan JPB. alokasi setiap mata kuliah pilihan adalah 5 JP per minggu C. Madrasah Aliya harus menyelenggarakan minimal 7 mata kuliah pilihan. siswa memilih 4-5 mata pelajaran. Kunci Jawaban: A
13. Pengorganisasian pembelajaran adalah bagaimana madrasah mengatur isi kurikulum dari waktu ke waktu. Organisasi ini juga mencakup pengelolaan beban mengajar dalam struktur kurikulum, isi mata pelajaran dan bidang studi, penentuan waktu belajar dan proses pengajaran. Kegiatan yang dapat dilakukan dalam pendekatan pembelajaran…
A. Mata kuliah dipindahkan antara satu mata kuliah dengan mata kuliah lainnya pada waktu yang bersamaan. Pembelajaran mengintegrasikan kompetensi yang berbeda dari inti yang berbeda untuk topik yang berbeda*C. Komunikasi dilakukan secara bersamaan dengan kelompok yang berbedaD. Beberapa konsep dan keterampilan dipelajari secara mandiri. Kunci Jawaban:B
14. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) yang mengatur tentang penerapan Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum nasional pendidikan dasar, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah, dalam…
A.KMA 450 mulai tahun 2024B. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 12 tahun 2024C. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 345, 2022D. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi No. 48 Tahun 2022 Kunci Jawaban : B
15. Perhatikan ciri-ciri pendekatan pengajaran berikut. Beberapa konsep dan keterampilan dari mata pelajaran yang diajarkan secara kooperatif (belajar kelompok) mungkin menggunakan 10 konsep. Pelatihannya komprehensif, bermakna dan aktif. Interaksi berlangsung dalam blok waktu terpisah, dengan kelompok mengadakan pertemuan tatap muka setiap minggunya. madrasah
7. Pembelajaran memadukan kompetensi yang berbeda dari disiplin ilmu yang berbeda untuk topik yang berbeda
Pernyataan yang termasuk dalam pendekatan pembelajaran terpadu adalah…
A.3 dan 7B. 1 dan 5C. 2 dan 6D. Kunci Jawaban 1 dan 4 😀
Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan sebagai pedoman guru dalam mengerjakan implementasi kurikulum PINTAR Kemenag versi KMA 4150/2024 Tingkat Madrasah Modul 3.6 bagian 2.
Urutan pertanyaan dan jawaban boleh acak.
(geosurvey.co.id/M Alvian Fakka)