geosurvey.co.id – Baca kunci jawaban PPG 2024 Modul 2 Topik 2 Pendidikan Inklusif.
Salah satu pertanyaan yang terdapat dalam latihan pemahaman Topik 2 di Modul 3 adalah: “Apa yang dimaksud dengan pendidikan inklusif?”
Jawabannya adalah dengan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung seluruh siswa, termasuk anak berkebutuhan khusus.
Selain soal-soal tersebut, terdapat juga 9 soal latihan untuk memahami PPG 2024 Modul 3 Topik 2 pada platform Merdeka Mengajar (PMM).
Guru dapat menggunakan kunci jawaban dibawah ini sebagai referensi untuk menjawab Latihan Pemahaman PPG 2024 Unit 3 Topik 2.
Berikut jawaban lengkap pertanyaan kunci PPG 2024 Modul 3 Topik 2: Latihan Pemahaman Pendidikan Inklusif: PPG 2024 Modul 3 Topik 2: Kunci Jawaban Pendidikan Inklusif.
1. Apa yang dimaksud dengan pendidikan inklusif? Batasi partisipasi siswa berkebutuhan khusus. Pemisahan siswa berkebutuhan khusus dari siswa lainnya. Menciptakan lingkungan belajar yang mendukung semua siswa, termasuk siswa berkebutuhan khusus. Menghilangkan peran guru di kelas inklusif. Hanya berfokus pada aspek akademis. Kunci Jawaban: Menciptakan lingkungan belajar. yang mendukung semua siswa, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus
2. Apa perbedaan pendidikan inklusif dengan model pendidikan tradisional? Memberikan pendidikan eksklusif bagi siswa berkebutuhan khusus. Pemisahan siswa berkebutuhan khusus di kelas khusus. Membatasi akses ke area sekolah bagi siswa berkebutuhan khusus. Menyatukan semua siswa dalam lingkungan belajar yang sama. Hanya berfokus pada kelompok siswa tertentu. Kunci Jawaban: Menyatukan semua siswa dalam satu lingkungan belajar yang sama. lingkungan belajar
3. Apa tujuan utama pendidikan inklusif? Menghilangkan disparitas siswa Meningkatkan prestasi akademik hanya pada siswa berkebutuhan khusus Memberikan pendidikan eksklusif bagi siswa berkebutuhan khusus Menciptakan lingkungan belajar yang mendukung semua siswa fokus hanya pada aspek sosial siswa Jawaban Jawaban: Menciptakan lingkungan belajar yang mendukung semua siswa
4. Mengapa penting bagi guru untuk memiliki pemahaman mendalam tentang kebutuhan siswa berkebutuhan khusus dalam konteks pendidikan inklusif? Tidak mempengaruhi kualitas pengajaran. Hanya diwajibkan oleh pendidik khusus. Meningkatkan kemampuan guru untuk memberikan dukungan yang tepat. Mengabaikan perbedaan antar siswa. Hanya relevan untuk direktur. Respon Kunci: Meningkatkan kemampuan guru dalam memberikan dukungan yang tepat.
5. Apa peran kolaborasi antara guru dan guru pendidikan khusus dalam konteks pendidikan inklusif? Pembagian tanggung jawab antara guru dan tenaga kependidikan Tidak mempengaruhi prestasi siswa Meningkatkan komunikasi dan memberikan dukungan kepada siswa berkebutuhan khusus Mengabaikan keberagaman siswa Sebagai sekedar formalitas administrasi Jawaban Kunci : Meningkatkan komunikasi dan memberikan dukungan kepada siswa berkebutuhan khusus
6. Bagaimana guru dapat mengadaptasi metode pengajaran untuk mendukung siswa berkebutuhan khusus di kelas inklusif? Hindari melakukan perubahan. Menyediakan satu cara mengajar untuk semua siswa. Sesuaikan metode pengajaran untuk memenuhi kebutuhan individu siswa Anda. Pisahkan siswa berkebutuhan khusus dari kelas. Gunakan hanya metode pengajaran tradisional. Kunci Jawaban: Menyesuaikan metode pengajaran dengan kebutuhan individu siswa.
7. Mengapa penting bagi guru untuk memahami keberagaman siswa di kelas inklusif? Hanya tersedia untuk siswa berkebutuhan khusus. Meningkatkan partisipasi dan keterlibatan seluruh siswa. Abaikan perbedaan antar siswa. Fokus saja pada aspek akademik. Kunci Jawaban: Meningkatkan partisipasi dan keterlibatan seluruh siswa.
8. Bagaimana sekolah dapat menciptakan lingkungan inklusif bagi semua siswa? Memisahkan siswa berkebutuhan khusus ke dalam kelas khusus Menolak dukungan khusus Mengintegrasikan semua siswa ke dalam kehidupan sekolah yang lebih luas Memberikan akses hanya kepada beberapa siswa Berfokus hanya pada aspek akademik Jawaban Kunci: Integrasi seluruh siswa dalam kehidupan sekolah yang lebih luas
9. Apa saja permasalahan utama dalam memperkenalkan pendidikan inklusif di sekolah? Memisahkan siswa berkebutuhan khusus Mengurangi peran guru di kelas Mengatasi hambatan dan persepsi negatif Menghilangkan perbedaan antar siswa Berfokus hanya pada aspek sosial siswa Jawaban Jawaban: Menghilangkan perbedaan antar siswa
10. Bagaimana cara guru menciptakan budaya kelas? Temukan perbedaan di antara para siswa. Hindari berbicara tentang keberagaman. Meningkatkan komunikasi dan kolaborasi antar siswa. Mengabaikan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus. Fokus saja pada prestasi akademis. Kunci Jawaban : Meningkatkan komunikasi dan kerjasama antar siswa.
*) Disclaimer: Kunci Jawaban Modul 3 Topik 2 Latihan Pemahaman Pendidikan Inklusif PPG 2024 pada artikel ini hanya sebagai referensi bagi guru yang mengambil PPG Daljab 2024 untuk bekerja di PMM.
(geosurvey.co.id/Sri Juliati)