geosurvey.co.id – Di bawah ini kunci jawaban Program Belajar Mandiri Pendidikan Pancasila Kelas 10 Halaman 160.
Soal Pendidikan Panaxila Kelas 10 160 mengajak siswa mempelajari semboyan negara.
Sebelum melihat Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 10, sebaiknya siswa menjawab sendiri pertanyaannya terlebih dahulu.
Kunci jawaban inilah yang dijadikan oleh orang tua sebagai pedoman dan tolak ukur dalam mengoreksi pekerjaan anaknya. Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 10 Halaman 160
1. Jelaskan alasan dan tujuan dipilihnya ungkapan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan nasional!
Menjawab:
Ungkapan Bhinneka Tunggal Ika dipilih karena maknanya sangat sesuai dengan berbagai situasi masyarakat Indonesia.
Hal ini juga bertujuan untuk memberikan wawasan tentang berbagai karakter bangsa Indonesia dan untuk tetap bersatu, sekaligus mengajak bangsa Indonesia untuk bersatu melintasi perbedaan dan perbedaan.
2. Berikan contoh perilaku Anda di lingkungan sekolah dan masyarakat yang menunjukkan penerapan semboyan Bhinneka Tunggal Ika!
Menjawab:
Di lingkungan sekolah, siswa dapat memilih temannya dan bekerja sama tanpa membeda-bedakan.
Dalam masyarakat, hendaknya warga bahu-membahu dan menghargai serta menghormati perbedaan SARA.
3. Divisi Usaha Kecil, Kecil dan Menengah (UKM) merupakan salah satu usaha yang selamat dari krisis keuangan tahun 1998. Jelaskan bahwa upaya sedang dilakukan untuk lebih memperkuat sektor UKM.
Menjawab:
Pemerintah memberikan pelatihan, pemasaran, permodalan, dll untuk menjadikan UKM lebih kompetitif dan mandiri. melindungi dengan memberikan bantuan seperti
4. Koperasi siswa di sekolah – membiasakan siswa mengarahkan kegiatan ekonomi. Nyatakan dan jelaskan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kegiatan kolaboratif siswa di sekolah Anda!
Menjawab:
Dukungan pengelola sekolah dan guru agar koperasi menjadi sarana kegiatan ekonomi langsung.
Banyaknya jumlah mahasiswa merupakan pasar modal dan berbisnis.
Selain itu, faktor penghambatnya antara lain kurangnya dukungan fasilitas seperti rumah usaha, konsistensi guru dalam mengelola unit usaha jangka panjang, dan terbatasnya penanaman modal tergantung kemampuan siswa.
5. Konsep gotong royong mencakup pengertian bekerja sama secara nyata, baik secara fisik maupun non fisik. Jelaskan apa yang dimaksud dengan gotong royong secara fisik dan non fisik! Berikan sebuah contoh!
Menjawab:
Gotong royong secara fisik meliputi pengabdian kepada masyarakat, membantu korban bencana, menyantuni anak yatim, dan lain-lain. dilakukan melalui tindakan.
Gotong royong non fisik berlangsung dalam bentuk gagasan atau pemikiran, misalnya mendiskusikan solusi permasalahan bersama, memberikan pemikiran atau gagasan saat berdiskusi, dan lain-lain.
*) Penafian:
Jawaban-jawaban di atas hanya digunakan sebagai pedoman proses belajar anak.
Biarkan anak mengerjakan soal terlebih dahulu lalu gunakan kunci jawaban ini untuk memperbaikinya.
(geosurvey.co.id/Ifan)