geosurvey.co.id – Simak, berikut kunci jawaban Buku Pelajaran Pancasila Kelas 10 Kurikulum Mandiri SMA/MA Halaman 146-147.
Terdapat Soal Esai Bab 3 Buku Pendidikan Pancasila Kelas 10 Kurikulum Mandiri SMA/MA Halaman 146-147.
Dalam pertanyaan ini, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan terkait.
Sebagai catatan, siswa terlebih dahulu diminta menjawab soal secara mandiri, sebelum melihat Buku Pelajaran Pendidikan Kunci Pancasila Kelas 10 Kurikulum Mandiri SMA/MA Halaman 146-147.
Kunci jawaban digunakan oleh orang tua sebagai pedoman dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anaknya.
Kunci jawaban Pendidikan Pancasila 10 Kurikulum Mandiri Halaman 146-147 disajikan sebagai berikut: Uji Kompetensi 3.2. Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 10 Halaman 146-147
Tes Bakat 3.2
Evaluasi 1
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih jawaban yang benar!
1. Prinsip gotong royong menjadi landasan dalam membangun sistem perekonomian yang inklusif dan berkeadilan di Pensilah. Yang bukan merupakan prinsip gotong royong…
A. Semangat menolong diri sendiri
B. Prinsip kekeluargaan
C. Berjuang untuk saling menguntungkan
D. Kohesi Komunitas
E. Persaingan bebas
Jawaban: E
2. Sektor-sektor dan bidang-bidang usaha sistem ekonomi Pancasila yang mewakili demokrasi ekonomi dibentuk dan menjadi anggota, yaitu…
A.UMKM
B.BUMN
C.Perusahaan Asing
D.kerja sama
E.BUMD
Jawaban: d
3. Mengapa tanah dan air serta sumber daya alam yang ada di dalamnya dikelola?
A. Menghindari masalah lingkungan dan sosial
B. Pengalaman sebelum kemerdekaan dalam memerintah negara lain
C. Untuk dipergunakan sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat
D. Tidak ada seorang pun yang dianggap mempunyai kekuasaan untuk mengendalikannya
E. Karena kita sepakat untuk menjadi bangsa yang merdeka
Jawaban: C
4. Perhatikan pilihan berikut!
1) Kasih sayang
2) Ikuti aturan
3) Kesediaan untuk bekerja sama
4) Ikuti hanya keuntungannya
5) Mudah menyerah
6) Menyerah
Berdasarkan pilihan-pilihan tersebut di atas, maka tercapainya keadilan di bidang perekonomian tidak hanya didasarkan pada aspek hukum formal saja, melainkan harus dibarengi dengan nilai-nilai yang tertuang dalam pilihan-pilihan yang bersifat kuantitatif.
A.1), 2), dan 3).
B.1), 2), dan 4).
C.2), 3), dan 4).
D.3), 5), dan 6).
E.4), 5), dan 6).
Jawaban: A
5. Keseimbangan hak dan kewajiban antara pekerja dan pengusaha harus dihormati. Di bawah ini adalah aplikasinya, yaitu….
A. Membayar upah sesuai dengan upah yang adil dan standar jaminan sosial
B. Kesediaan bekerja keras meskipun di luar jam kerja normal
C. Mereka sering mengeluh tentang upah dalam kondisi perekonomian yang tidak stabil
D. Pemerintah membantu mensubsidi upah pekerja tetap agar jumlahnya di atas rata-rata.
E. Mengingatkan karyawan akan etika kerja untuk mencapai tujuan perusahaan
Jawaban: A
Penilaian 2
Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih ya atau tidak dan berikan alasannya.
Kutipan 1: Manusia merupakan komoditas dalam pelaksanaan pembangunan nasional khususnya di bidang perekonomian.
Pernyataan 2: Nilai kerjasama ekonomi harus dilaksanakan oleh BUMN dan swasta.
Kutipan 3: Keadilan harus ditegakkan meski tidak membawa kesejahteraan.
Pernyataan 4: Perekonomian global merupakan ancaman terhadap pelaksanaan kerja sama ekonomi berdasarkan Pancasila.
Pernyataan 5: Ketergantungan suatu negara pada utang luar negeri dapat mengakibatkan kebijakan ekonomi negara tersebut dikendalikan oleh negara lain.
Menjawab:
1. tidak setuju. Manusia adalah subjek evolusi.
2. Tahu. Kemitraan regional dan lokal dapat dilaksanakan.
3. Tahu. Keadilan tidak memandang status ekonomi seseorang agar mempunyai hak dan kewajiban serta kesetaraan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
4. tidak setuju. Perekonomian global merupakan tantangan sekaligus peluang. Jika kita bisa memanfaatkan peluang yang ada, kita akan memetik manfaatnya. Kerja sama bilateral dapat dilaksanakan dalam perekonomian meskipun ada dampak harga luar negeri.
5. Tahu. Utang yang tinggi akan menjadi beban finansial dan akan mempengaruhi kepercayaan diri dalam berhubungan dengan negara kreditur. Persyaratan pinjaman harus diawasi secara hati-hati agar kemandirian negara tidak terganggu.
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan bagi orang tua untuk memandu proses belajar anaknya. Sebelum melihat kunci jawabannya, sebaiknya siswa menjawab sendiri terlebih dahulu, kemudian menggunakan artikel ini untuk mengoreksi pekerjaan siswa.
(geosurvey.co.id/Namira Yunia Lestanti)