geosurvey.co.id – Lihat Kunci Jawaban Buku Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 10 Kurikulum Mandiri SMA/MA Halaman 158-160.
Soal deskriptif Bab 3 terdapat pada halaman 158-160 buku ajar Pendidikan Pancasila Kelas X Program Studi Mandiri SMA/MA.
Untuk pertanyaan ini, siswa diminta menjawab pertanyaan terlampir.
Sebagai catatan, sebelum melihat Kunci Buku Ajar Pendidikan Pancasila Program Studi Mandiri Kelas X SMA/MA halaman 158-160, sebaiknya siswa menjawab soal secara mandiri terlebih dahulu.
Orang tua menggunakan kunci jawaban ini sebagai pedoman dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anaknya.
Di bawah ini adalah kunci jawaban Belajar Mandiri Panaxilla Kelas 10 Halaman 158-160: Penilaian Summatif Bab 3 Kunci Jawaban Belajar Mandiri Panaxilla Kelas 10 Kurikulum Halaman Halaman 158-160
Penilaian Sumatif, Bab 3, Penilaian 1
1. Perhatikan pilihan berikut!
1) Kitab Negarakertagama
2) Kitab Sutasoma
3) Mpu Prapanca
4) Mpu Tantular
5) Kerajaan Majapahit
6) Kerajaan Singosari
Berdasarkan pilihan diatas maka asal usul kata sandi Bhinneka Tunggal Ika berdasarkan asal usul kitab, pengarang dan kerajaannya tertera pada nomor …
A.1), 3), 5) b. 1), 4), 5)
Yang ketiga. 2), 3), 6)
D.2), 4), 5)
H.2), 4), 6)
Jawaban: d
2. Pembangunan ekonomi ditujukan untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Manusia sebagai bagian dari masyarakat merupakan subyek pembangunan, yang artinya…
A. Tujuan yang ingin dicapai pada setiap tahap pembangunan
Pada. kemampuan yang dibutuhkan dalam proses pembangunan
C sebagai bahan untuk melakukan proses produksi
D. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan perekonomian
Itu. Aktor atau faktor yang menentukan sifat atau pola suatu perekonomian
Jawaban: E
3. Landasan konstitusi perekonomian adalah usaha bersama yang berdasarkan asas pengorbanan, yaitu
A.33 Ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
B. Ayat 33 (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Yang ketiga. Pasal 33 ayat (3) UUD NRI Tahun 1945
D. Pasal 34 ayat (1) UUD NRI Tahun 1945
E.34 Ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Jawaban: a
4. Manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup sendiri. Manusia selalu membutuhkan bantuan dari orang lain. Itu sifat manusia. Oleh karena itu, dalam kehidupan bermasyarakat diperlukan…
Toleransi
B. Gotong royong
C.Komunikasi
D. Saling menghormati
Kontrak sosial
Jawaban: b
5. Sebagai identitas budaya bangsa Indonesia, tradisi gotong royong sarat akan nilai-nilai luhur. Di bawah ini adalah nilai-nilai luhur yang terdapat dalam tradisi gotong royong, kecuali…
A. Memperkuat solidaritas sosial
B. Hubungan koneksi
C saling membantu
D nilai perbedaan
Tuhan memperkuat individualisme
Jawaban: E Skor 2
Jawablah pertanyaan berikut dengan memberi tanda centang pada dua atau lebih jawaban yang benar!
1. Semangat persatuan dalam keberagaman dapat diwujudkan di lingkungan sekolah melalui tindakan…
A. Siswa ingin berteman tanpa diketahui
Pada. Memberikan kesempatan berdoa sesuai dengan ajaran imannya
Yang ketiga. Hormati tradisi anggota dari berbagai negara
D. Berpartisipasi dalam pekerjaan penilaian
Itu. Pilih kelompok belajar berdasarkan gender
Jawaban : a,b,c
2. Pemahaman akan keberagaman harus dibenahi di tengah realitas keberagaman dari kesiapan…
A. bersatu dan bekerja sama
Pada. bekerja sama, saling menghargai dan menghargai satu sama lain
C saling waspada dan curiga
D memahami perbedaan kondisi tertentu
Tuhan berkenan menerima kelompok lain jika menguntungkan
Jawaban: a,b
3. Faktor ekonomi dalam sistem ekonomi Pancasila untuk mewujudkan kesejahteraan dan kesejahteraan antara lain…
A.tunggal
Pada. secara pribadi
C negara
D perusahaan asing
H.Koperasi
Jawaban : A,B,C,E
4. Kebijakan perekonomian suatu negara harus didasarkan pada moralitas ketuhanan dan kemanusiaan. Oleh karena itu, diharapkan…
Namun hal ini tidak bertentangan dengan kebenaran dan keadilan
Pada. persaingan bebas itu lahir
C tidak merusak lingkungan
D untuk menghindari konflik sosial
Itu. Terbuka untuk perusahaan asing
Jawaban: A, C, D
5. Koentjaraningrat membagi jenis gotong royong masyarakat pedesaan menjadi empat, yaitu…
A. Bantuan dalam kegiatan pertanian
Pada. Bantuan dalam kegiatan komersial
Yang ketiga. Membantu aktivitas di sekitar rumah
D. Membantu persiapan pesta dan upacara
Itu. Bantuan jika terjadi kecelakaan, kecelakaan dan kematian
Jawaban: A, C, D, E Nilai 3
Jawablah pertanyaan berikut dengan jawaban yang jelas dan benar!
1. Jelaskan alasan dan tujuan dipilihnya ungkapan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan nasional!
Menjawab:
Ungkapan Bhinneka Tunggal Ika dipilih sebagai semboyan bangsa Indonesia karena maknanya sangat sesuai dengan keberagaman kondisi bangsa Indonesia. Tujuan dipilihnya istilah ini adalah untuk memberikan pemahaman terhadap karakter bangsa Indonesia yang berbeda-beda dan tetap satu bangsa, sekaligus memberikan motivasi kepada masyarakat Indonesia untuk bersatu dalam perbedaan atau kebhinekaan.
2. Berikan contoh tingkah lakumu di sekolah dan lingkungan sosial yang mencerminkan penggunaan semboyan Bhinneka Tunggal Ika!
Menjawab:
Contoh perilaku yang mencerminkan penggunaan semboyan Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan sekolah adalah siswa memilih teman dan bekerja sama tanpa membeda-bedakan SARA, tidak menindas temannya, saling menghormati dan menghargai perbedaan SARA.
3. Unit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan bagian dari perusahaan yang berhasil melewati krisis keuangan tahun 1998. Jelaskan upaya mereka untuk lebih memperkuat sektor UMKM.
Menjawab:
Pemerintah melindungi UMKM dengan memberikan bantuan seperti pelatihan, pemasaran, permodalan, dan lain-lain agar lebih kompetitif dan mandiri.
4. Koperasi siswa di sekolah adalah upaya melatih siswa melalui praktik langsung dalam usaha ekonomi. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat upaya kolektif siswa di sekolah Anda!
Menjawab:
Faktor pendukung koperasi di sekolah: dukungan pengelola sekolah dan guru untuk menjadikan koperasi sebagai sarana langsung dalam menangani perekonomian; Banyaknya jumlah mahasiswa merupakan modal dan pasar bagi dunia usaha; Perusahaan yang didedikasikan untuk memenuhi kebutuhan siswa atau sekolah.
Faktor penghambat atau kendala antara lain kurangnya dukungan tata ruang seperti pusat usaha, konsistensi guru dalam menjalankan unit usaha jangka panjang, dan terbatasnya penanaman modal dibandingkan kemampuan siswa.
5. Konsep gotong royong mengandung pengertian kerjasama secara nyata, baik secara fisik maupun non fisik. Jelaskan apa yang dimaksud dengan gotong royong secara fisik dan non fisik! Berikan sebuah contoh!
Menjawab:
Gotong royong secara fisik dilakukan melalui tindakan seperti pengabdian kepada masyarakat, membantu korban bencana, membantu anak yatim piatu, dan lain-lain.
Sedangkan gotong royong non fisik berbentuk gagasan atau pemikiran, seperti berdiskusi tentang solusi mengatasi permasalahan bersama, memberikan pemikiran atau gagasan dalam dilema, dan lain-lain.
*) Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan bagi orang tua untuk memandu proses belajar anaknya. Sebelum melihat kunci jawabannya, mintalah siswa menjawab pertanyaannya sendiri terlebih dahulu dan kemudian gunakan artikel ini untuk mengoreksi pekerjaan siswa.
(geosurvey.co.id/Namira Yunia Lestanti)