geosurvey.co.id – Simak Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Jenjang 12 Halaman 14 Panduan Belajar Mandiri pada artikel berikut ini.
Pendidikan Pancasila edisi kali ini mengkaji Bab 1: Pemahaman Pancasila dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.
Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila 12 Kurikulum mandiri pada artikel ini dapat menjadi rujukan atau pedoman bagi siswa dalam studinya. Pendidikan Pancasila 12 Kunci Jawaban Halaman 14 Kelas 12 Buku Pendidikan Pancasila Halaman 14 Program Studi Mandiri
Bab 1 Kegunaan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari masyarakat: Tugas 1.3
Kini bersama rekan-rekan Anda perlu membuat daftar tindakan, perilaku, perbuatan yang telah Anda lakukan yang menurut Anda mencontohkan nilai-nilai Pancasila.
Meskipun ini adalah proyek kelompok, Anda harus bekerja secara individu. Anda dapat menggunakan tabel di bawah ini.
Ceritakan sejujurnya mengenai 3 perilaku/tindakan yang Anda terapkan yang Anda yakini mencerminkan nilai-nilai Pancasila.
Berikan alasan mengapa hal itu termasuk dalam perintah ke-1, ke-2, ke-3, ke-4, ke-5?
Kunci jawaban
Kegiatan yang mencerminkan nilai Pancasila
Aturan pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa
Status/Fungsi:
Membantu kegiatan keagamaan di lingkungan sekitar, seperti membersihkan tempat ibadah dan mengikuti kegiatan keagamaan.
Alasan:
Karya ini mencerminkan prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa dengan tetap menunjukkan rasa hormat dan kepedulian terhadap tempat ibadah serta mempererat hubungan dengan sesama umat.
Selain itu, tindakan ini menunjukkan ketaatan dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Prinsip kedua: keadilan dan keadaban
Status/Fungsi:
Mengumpulkan sumbangan untuk korban bencana dan berpartisipasi dalam acara komunitas.
Alasan:
Perbuatan ini menunjukkan nilai kemanusiaan yang adil dan beradab sekaligus menunjukkan rasa kasih sayang dan kepedulian terhadap orang lain yang menderita.
Dengan membantu mereka yang membutuhkan, kami menggunakan nilai-nilai kemanusiaan dan berupaya menciptakan keadilan sosial.
Prinsip 3: Unifikasi Indonesia
Status/Fungsi:
Ikut serta dalam gotong royong dalam masyarakat.
Alasan:
Gotong royong menunjukkan nilai persatuan Indonesia, karena menyangkut kerja sama antar warga negara untuk mencapai tujuan bersama.
Karya ini menunjukkan semangat kemasyarakatan dan kerjasama dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik, menghilangkan perbedaan-perbedaan yang ada demi kemaslahatan umat.
Prinsip 4: Demokrasi melalui kebijaksanaan dalam konsultasi/perwakilan
Status/Fungsi:
Hadiri rapat OSIS dan ungkapkan keinginan temanmu dengan anggun dan bijaksana.
Alasan:
Menghadiri pertemuan-pertemuan OSIS dan menyampaikan keinginan untuk menunjukkan nilai-nilai demokrasi melalui kearifan dalam diskusi/perwakilan.
Proyek ini menunjukkan partisipasi dalam diskusi dan proses demokrasi di lingkungan sekolah, serta penggunaan nilai kebijaksanaan dalam pengambilan keputusan.
Prinsip 5: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Status/Fungsi:
Ajak teman untuk berbagi makanan dengan orang miskin.
Alasan:
Karya ini menunjukkan nilai keadilan sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia karena menunjukkan upaya menciptakan keadilan sosial dengan membantu masyarakat miskin.
Selain itu, karya ini juga menunjukkan kepedulian terhadap rasa tanggung jawab sosial terhadap lingkungan.
Melalui kegiatan-kegiatan di atas kita dapat melihat bagaimana nilai Pancasila dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
Penting bagi kita untuk terus berusaha mengamalkan nilai-nilai Pancasila, karena semakin kita mengamalkannya maka akan semakin baik pula perilaku kita.
Dengan cara ini kita akan membawa kesuksesan tidak hanya bagi diri kita sendiri, tetapi juga bagi masyarakat Indonesia dan bangsa Indonesia.
Terus berupaya dan berupaya untuk selalu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam segala aktivitas kita.
Pertentangan:
– Kunci jawaban Pendidikan Pancasila diatas hanya digunakan oleh orang tua atau wali untuk memandu proses belajar anaknya.
– Sebelum melihat kunci jawabannya, pastikan anak melakukannya sendiri.
(geosurvey.co.id/Rinanda)