geosurvey.co.id – Berikut kunci jawaban Program Studi Mandiri Pendidikan Pancasila Kelas 12 SMA/MA Halaman 101.
Pendidikan Pancasila Pada materi pembahasan SMA Kelas 12 halaman 101 siswa akan mempelajari tentang pengertian asas Pancasila.
Sebelum mengerjakan soal latihan di halaman 101, siswa akan mengkaji terlebih dahulu makna dari sila Pancasila yang diterimanya sebelumnya.
Berdasarkan materi tersebut, siswa akan mencoba menyelesaikan soal-soal latihan pada kolom Uji Kompetensi halaman 101. Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Pelajaran 12 SMA Halaman 101 Rencana Belajar Mandiri.
Tes bakat
Pertanyaan pilihan ganda
Pilihlah jawaban yang paling sesuai.
1. Pentingnya Perintah Ketuhanan Yang Maha Esa bagi Setiap Warga Negara Sebagai Pemenuhan Hak Pasal 29. (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, khususnya…
Menjawab: Siapa pun yang tinggal di Indonesia boleh menganut agama apa pun
B. Setiap orang yang tinggal di Indonesia dilindungi oleh agama apa pun
C. Setiap warga negara dilindungi untuk beragama dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa
D. Setiap orang yang tinggal di Indonesia dilindungi untuk beragama dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa
E. Siapa pun bisa beragama dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Pentingnya prinsip kemanusiaan yang adil dan beradab dalam menyatakan pendapat terhadap warga negara, berdasarkan Pasal 28 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu…
Menjawab: Siapa pun yang tinggal di Indonesia dapat memberikan masukan sesuai prosedur yang benar
B. Setiap orang yang berdomisili di Indonesia dapat memberikan masukan sesuai dengan prosedur yang berlaku
C. Warga negara dapat menyuarakan pendapatnya di mana saja dan kapan saja untuk mengubah kebijakan melalui proses hukum
D. Warga negara dapat menyampaikan pendapatnya kapanpun dan dimanapun sesuai dengan prosedur perundingan
E. Warga negara dapat mengemukakan segala pendapatnya sesuai dengan paradigma berpikir ilmiahnya
3. Pentingnya asas persatuan Indonesia dalam penyelenggaraan pertahanan dan keamanan negara sebagaimana Pasal 27 ayat. (3) dan Pasal 30 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu ….
Negara bisa berbuat apa saja jika negara berada dalam situasi kritis bagi rakyat Indonesia
B. Negara dapat mengambil tindakan represif untuk menjamin ketertiban jika negara berada dalam situasi kritis
C. Negara dapat menghukum siapapun dengan alasan apapun dan dalam keadaan apapun
D. Jika situasinya kritis, negara tersebut akan bekerja sama dengan negara asing dalam urusan keamanan dalam negeri
E. Negara melindungi warga negara Indonesia selama berada di dalam negeri
4. Pentingnya asas kerakyatan yang berpedoman pada kearifan diskusi/presentasi dalam proses pengambilan keputusan di ruang publik sebagai perwujudan hak asasi manusia di Indonesia khususnya…
A.- Setiap usulan untuk melegitimasi kehendak rakyat harus diterima
B. Segala keputusan yang berkaitan dengan kebijakan publik menyangkut kepentingan pemerintah demi kepentingan rakyat
C. Segala kebijakan merupakan hasil kajian sosiologi, politik, dan hukum yang terjadi di masyarakat
D. Politik dilakukan untuk memuaskan segala keinginan rakyat
E. Semua usulan kebijakan publik harus didasarkan pada referendum kerakyatan
5. Pentingnya prinsip keadilan sosial dalam mewujudkan taraf hidup yang layak bagi seluruh rakyat Indonesia sebagai perwujudan hak asasi manusia di Indonesia, khususnya…
A. Setiap warga negara Indonesia berhak atas kehidupan yang bermartabat berdasarkan standar negara dan masyarakat.
B. Setiap warga negara berhak mendapatkan berbagai fasilitas dan kehidupan yang stabil selama kampanye, sesuai janji pemerintah.
C. Setiap warga negara mendapat fasilitas dan kemudahan tertentu apabila ia menjadi warga negara yang baik
D. Negara akan melakukan operasi pasar jika ada penipuan yang dilakukan pedagang
E. Kelayakan ditentukan dengan membandingkan pertumbuhan ekonomi dengan negara-negara Asia Tenggara
6. Menurut anda peraturan wilayah yang digambarkan pada gambar merupakan suatu tindakan yang bertujuan…
A. Menghilangkan manusia dari makhluk lain
B. Masyarakat Indonesia terdidik
C. Orang Indonesia beragama
D. Masyarakat Indonesia mempunyai lembaga perkawinan
E. Masyarakat Indonesia tidak diperbolehkan mengutarakan keinginannya
7. Dari segi hukum yang disebutkan dalam peraturan daerah tersebut, kita dianggap melanggar hak asasi manusia jika melakukan hal-hal berikut, kecuali…
A. Berpelukan di depan umum adalah ide yang buruk
B. Melakukan tindakan cabul di taman
C. Melakukan tindakan pelecehan seksual, baik disengaja maupun tidak
D. Melakukan hal-hal yang dianggap tidak bermoral oleh masyarakat, padahal tidak ada yang peduli
E. Peringatkan orang lain untuk tidak bertindak sesuai dengan ketentuan peraturan teritorial
8. Berdasarkan gambar, yang dimaksud dengan ayat peraturan wilayah adalah “menimbulkan kecurigaan…” kata-kata tersebut menunjukkan bahwa….
Menjawab: Setiap orang bisa saja saling curiga jika terdapat pertentangan
B. Setiap orang harus mewaspadai segala bentuk penyimpangan
C. Siapa pun bisa berprasangka buruk jika orang pergi ke taman, jalan, dan tempat umum
D. Masyarakat memiliki standar nilai-nilai maksiat berdasarkan persepsi individu
E. Tidak boleh melakukan perilaku yang menimbulkan keraguan terhadap standar kesusilaan masyarakat
9. Pernyataan berikut ini dapat digolongkan sebagai anggapan mengenai isi peraturan daerah mengenai karakter warga negara yang baik, yaitu…
A. Masyarakat Indonesia kini menawarkan perilaku asusila
B. Banyak tindakan memalukan di tempat umum
C. Langkah preventif untuk melindungi hak asasi manusia
D. Menjaga tempat-tempat umum bersih dari perbuatan menyimpang
E. Menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia mempunyai akhlak yang baik
10. Asumsi apa yang paling tepat diambil pemerintah dalam menetapkan peraturan daerah untuk meningkatkan nilai harkat dan martabat manusia…
Menjawab: Tanggung jawab negara adalah menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang berlandaskan Tuhan Yang Maha Esa
B. Mempresentasikan ajaran HAM versi Indonesia kepada dunia
C. Negara ingin mengatur urusan pribadi seluruh rakyat Indonesia
D. Kekhawatiran akan kejahatan seks di tempat umum
E. Kejahatan seks banyak terjadi di tempat umum
11. Berikut argumentasi saudara dalam mendukung piagam daerah ini sebagai warga negara Indonesia yang menganut ideologi Pancasila, khususnya…
A. memahami dan melaksanakan isi peraturan daerah, karena merupakan kebijakan negara
B. Selama isi peraturan tersebut tidak mengganggu nilai-nilai pribadi saya, saya akan mematuhinya
C. Indonesia beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, nilai-nilai kemanusiaan bertanggung jawab kepada Tuhan dan masyarakat
D. Para pembuat peraturan bertindak terlalu jauh dalam melindungi hak-hak pribadi setiap orang
E. Wajar jika peraturan dibuat agar seluruh masyarakat belajar berperilaku baik
12. Pelanggaran HAM berat termasuk kejahatan terhadap kemanusiaan. Berikut contohnya….
A. Pembunuhan massal terhadap kelompok ras
B. Pembantaian mayoritas terhadap minoritas untuk memberantas generasi
C. kebencian Nazi terhadap orang Yahudi
D. Mencegah seseorang yang sukses dalam mengembangkan karir
E. Menunjukkan seseorang yang membuatnya tidak mampu secara mental dan fisik untuk melanjutkan kehidupan normalnya.
Untuk pertanyaan 13-20, analisislah pesan berikut.
Jakarta, CNN Indonesia – Komnas HAM menemukan empat pelanggaran HAM dalam kerusuhan 17 Juli 2015 di Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua.
Manajer Komisioner Komnas HAM Nasutyon mengatakan, empat pelanggaran HAM yang terjadi adalah intoleransi, pelanggaran hak hidup, pelanggaran keamanan, dan pelanggaran harta benda.
Intoleransi muncul karena adanya penyerangan terhadap warga yang sedang melakukan upacara keagamaan. Saat itu, massa menyerang umat Islam yang sedang salat Idul Fitri di lapangan Koramil.
Pada saat yang sama, terjadi pelanggaran hak untuk hidup, karena warga ditembak mati.
“Kami sedang berusaha mencari tahu siapa pelakunya,” kata manajer tersebut kepada CNN Indonesia, Senin (10/08).
Dalam kejadian tersebut, petugas keamanan melepaskan tembakan karena massa mengabaikan peringatan polisi.
Saat itu dilaporkan 12 orang mengalami luka-luka.
Seorang warga kemudian dinyatakan meninggal dunia akibat luka tembak.
13. Berdasarkan pemberitaan di atas, maka kasus pelanggaran hak asasi manusia yang tidak dapat ditolerir bertentangan dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, khususnya Pasal…
A.28A C.28E ayat (1) E.28E ayat (3)
B. Paragraf 28D (1) D. Paragraf 28E (2)
14. Berdasarkan laporan ini, maka kasus pelanggaran hak hidup, keamanan dan perlindungan dari rasa takut bertentangan dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 khususnya Pasal…
A. Paragraf 28G (1) C. Paragraf 28H (1) E. Paragraf 28H (3)
B. Paragraf 28G (2) D. Paragraf 28H (2)
15. Berdasarkan laporan di atas, maka perkara pelanggaran harta benda tidak boleh diambil sembarangan dan melanggar Pancasila, khususnya Pasal…
A. Paragraf 28G (2) C. Paragraf 28H (2) E. Paragraf 28H (4)
B. Paragraf 28H (1) D. Paragraf 28H (3)
16. Menurut laporan, umat Islam salat di lapangan Koramil. Menurut Anda, sebagai warga negara Indonesia yang cinta damai, hal itu disengaja…
Ia meminta perlindungan kepada tentara agar massa tidak tertindas
B. Tidak ada prasangka karena Lapangan Coramil bisa menampung masyarakat yang akan salat
C. massa pasti akan menyerang umat Islam
D. ada rasa kurang yakin bahwa pelaksanaan salat hari raya akan berlalu dengan aman
E. Lokasi militer adalah tempat paling dihormati yang dapat dikunjungi siapa pun
17. Jika laporan ini dijadikan pelajaran, maka hal positif yang bisa diambil dari negara multikultural adalah…
A. Saling menghormati antar keyakinan yang berbeda
B. Saling menghormati ciptaan Tuhan yang berupa manusia secara berkelompok
C. Saling menghargai bahwa keberagaman adalah soal hati untuk menerima perbedaan
D. Saling menghormati antara pendiri negara pelaksana ideologi dan umat beragama
E. Saling menghormati bahwa segala perilaku harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat dan Tuhan Yang Maha Esa
18. Jika pemberitaan di atas dijadikan pelajaran, maka sisi positif yang bisa diambil sebagai negara yang berdasarkan Pancasila adalah…
A. Saling menghormati antar keyakinan yang berbeda
B. Saling menghormati ciptaan Tuhan yang berupa manusia secara berkelompok
C. Saling menghargai bahwa keberagaman adalah soal hati untuk menerima perbedaan
D. Saling menghormati antar pendiri negara yang menerapkan ideologi dan menjadikannya pedoman hidup bangsa.
E. Saling menghormati bahwa segala perilaku harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat dan Tuhan Yang Maha Esa
19. Jika pemberitaan di atas dijadikan pelajaran, maka sisi positif yang bisa diterima sebagai negara yang melindungi hak warga negaranya adalah…
A. Saling menghormati antar orang yang berbeda keyakinan
B. Saling menghormati ciptaan Tuhan yang berupa manusia secara berkelompok
C. Saling menghargai bahwa keberagaman adalah soal hati untuk menerima perbedaan
D. Saling menghormati antara pendiri negara pelaksana ideologi dan umat beragama
E. Hormat karena segala perilaku harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat dan Tuhan Yang Maha Esa
20. Berikut ini adalah perilaku yang akan ditunjukkan siswa sebagai warga negara yang cerdas saat membaca pesan di atas…
A. Ia menilai konflik ini wajar terjadi di daerah yang mayoritas menganut satu agama
B. Konfirmasikan pesan untuk menghindari pemalsuan dan kebencian
C. Yakinkan teman yang lain untuk mendukung salah satu pihak yang menurutnya benar
D. Biarkan saja karena kejadian itu tidak terjadi di wilayah mereka
E. Salahkan pemerintah atas kelambanan mereka
MENJAWAB:
1.D:
2.C:
3.B:
4.C:
5.J:
6.J:
7.E:
8.E:
9.C:
10.J:
11.C:
12.D:
13. T:
14.J:
15.E:
16.E:
17.B:
18.K:
19.D:
20.B:
*) Penafian.
– Kunci jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua atau wali yang sah untuk memandu proses belajar siswa.
– Siswa diharapkan menyelesaikan soal latihan sebelum melihat kunci jawabannya.
(geosurvey.co.id/Gabriella)