geosurvey.co.id – Di bawah ini adalah kunci jawaban Silabus Mandiri Pendidikan Pancasila Kelas 7 SMP/MTS Halaman 100.
Pada materi pembahasan mata pelajaran Pancasila SMA kelas VII halaman 100, siswa akan mempelajari tentang manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, makhluk individu, dan makhluk sosial.
Sebelum mengerjakan soal latihan pada halaman 100, siswa harus memahami terlebih dahulu materi pada halaman 75–96.
Merujuk pada materi tersebut, siswa akan berusaha menyelesaikan soal latihan pada halaman 100 kolom B dengan memberikan jawaban yang paling tepat. Kunci Jawaban SMP Pendidikan Pancasila Kelas 7 Halaman 97 Silabus Mandiri :
Untuk. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Penerapan empat kaidah dalam kehidupan masyarakat merupakan suatu keharusan yang harus dipatuhi.
Tuliskan perbedaan penerapan keempat aturan tersebut!
2. Bacalah cerita berikut!
Siswa ketujuh ini mempunyai penampilan yang berbeda dengan teman-temannya.
Seragam yang dikenakannya tidak sesuai dengan peraturan yang ditetapkan sekolah.
Lebar celananya sangat kecil sehingga terasa seperti pensil saat dipakai bahkan tidak bisa ditarik ke bawah karena jahitannya sangat rapat.
Pakaiannya dijahit dengan sangat longgar sehingga saat dipakai akan terasa terlalu besar.
Rambut siswa harus lurus, dengan belahan tengah, dan panjangnya melebihi alis.
Ia mendapat teguran berulang kali dari guru kesiswaan dan guru BK untuk meningkatkan kinerjanya, namun siswa yang dimaksud tidak pernah melakukan dan terkesan tidak peduli dengan teguran guru tersebut.
Dari cerita di atas terlihat jelas bahwa perilaku siswa tersebut melanggar norma-norma yang berlaku di lingkungan sekolah. Norma apa yang dilanggar oleh siswa?
Menurut Anda, hukuman apa yang harus diberikan sekolah kepada siswa yang terlibat?
3. Pada waktu istirahat anda mengunjungi perpustakaan dan mencari sumber belajar yang anda inginkan karena ada tugas dari guru mata pelajaran.
Namun ketika buku yang diminta ditemukan, ternyata pustakawan telah pergi dan setelah menunggu lama, belum kembali ketika bel sudah berbunyi.
Padahal buku yang dibutuhkan sangat penting untuk menyelesaikan tugas mata pelajaran dari guru.
Jika Anda terlambat masuk kelas, Anda akan mendapat konsekuensi dari guru mata pelajaran Anda.
Namun jika buku tidak segera dipinjam, siswa lain takut untuk meminjamnya.
Posisi apa yang Anda ambil dalam acara ini?
4. Kantin sekolah anda terletak di belakang sekolah dan sangat sempit. Saat bel istirahat berbunyi, lokasi kantin menjadi tujuan pertama para siswa untuk mengambil jajan, sehingga kantin sangat ramai pada jam istirahat dan kurang leluasa memilih jajanan.
Bahkan tidak ada tempat duduk di ruang makan sebagai cara untuk langsung makan.
Siswa dibimbing untuk makan di depan kelas atau di ruang terbuka lingkungan sekolah.
Setelah kurang lebih 5 menit menunggu jajanan favorit Anda, tiba-tiba ada seorang lansia yang ikut mengantri.
Laki-laki kelas atas merasa dirinya lebih tua dan patut dihormati sehingga merasa tidak perlu antri untuk jajan.
Sebagai orang kelas bawah yang ketahuan mengantri jajan oleh laki-laki kelas atas, sikap apa yang harus Anda tunjukkan terhadap laki-laki kelas atas?
5. Hari ini menurut informasi yang diterima dari guru, uji profisiensi akan dilaksanakan pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Semester 3. Sebelum memulai uji profisiensi guru akan membacakan petunjuk pelaksanaannya, salah satu petunjuknya adalah wajib lulus uji kemahiran. Sebenarnya.
Anda mendapatkan tempat duduk di pojok belakang sesuai dengan nomor urut Anda dan dari tempat duduk tersebut Anda dapat menyaksikan teman-teman Anda mengikuti tes bakat mengajar.
Di tengah-tengah ujian bakat, Anda melihat gerakan mencurigakan dari seorang teman yang mencoba membuka lembar contekan.
Meskipun ia adalah anak pintar yang selalu menjadi juara pertama di kelasnya dan dikenal patuh terhadap peraturan, ia mencoba menyontek pada hari itu.
Menurut Anda apa posisi terbaik yang dapat Anda ambil?
Tanggapan:
1.- Adat istiadat agama
Definisi: Seperangkat aturan dan pedoman hidup yang harus diterima seseorang, berasal dari Tuhan Yang Maha Esa dan tertulis dalam kitab suci setiap agama dan kepercayaan.
Sumber Norma: Kitab Suci setiap agama dan keyakinan.
Aturan hukumannya: berupa dosa.
– Aturan etika
Definisi: Aturan yang berasal dari hati nurani setiap orang dan dapat diandalkan sebagai pedoman hidup.
Sumber standar: Heartstrings.
Hukuman normatif: rasa bersalah, malu, takut dan perasaan menyesal.
Sumber standar: kehidupan sosial kelompok masyarakat.
Hukuman normatif: hukuman sosial (pengucilan, ejekan atau teguran dari masyarakat).
– Aturan hukum
Definisi: Pedoman masyarakat yang dibuat oleh lembaga terakreditasi, yang isinya mengikat seluruh anggota masyarakat, mempunyai sifat mengikat untuk dipatuhi dan dikenakan sanksi berat atas pelanggarannya.
Sumber standar: Undang-undang atau peraturan lain yang ditetapkan oleh pemerintah
Hukuman standar: peringatan lisan atau tertulis, penjara, penjara, denda dan perampasan hak-hak tertentu.
2. Siswa harus mampu menganalisis cerita tertentu untuk melihat apakah cerita tersebut memberikan contoh suatu kriteria.
Siswa diberi kebebasan untuk memberikan pendapatnya mengenai hukuman yang pantas diberikan sekolah kepada mereka yang melanggar norma di lingkungan sekolah.
A. Tidak mempunyai pengendalian diri atau suka bergabung dengan teman lain yang berbeda sekolah dengan tujuan menjadi anak yang sosial.
Untuk. Rendahnya tingkat kesadaran terhadap norma karena hanya sedikit orang yang percaya bahwa norma itu ada dan harus dilanggar, bukan diikuti.
C. Berkurangnya perasaan kesepian dan keterasingan karena orang tersebut tidak ingin terlihat seperti teman satu sekolah lainnya karena penampilannya yang kurang sosial dan trendi.
3. Anda berperilaku terbaik dengan mengikuti peraturan sekolah, yaitu. kembali ke kelas setelah istirahat.
Untuk mencegah seorang teman mengambil buku yang saya cari, saya meletakkan buku itu di meja pustakawan bersama dengan kartu perpustakaan saya dan memberinya catatan yang mengatakan saya akan meminjam buku itu dan mengambilnya ketika saya melakukannya. Pulang sekolah.
4. Sikap terbaik yang saya miliki adalah saya harus bisa mempertahankan hak-hak yang seharusnya saya miliki dan mengingatkan orang-orang yang lebih tua untuk antri seperti anak-anak lainnya karena setiap anak mempunyai hak yang sama dan orang lain tidak dapat merampas hak-hak yang bukan miliknya. mereka untuk bertindak sesuai dengan keinginan mereka.
5. Perilaku yang paling baik untuk ditampilkan adalah dengan mengikuti standar yang ditetapkan oleh guru dan mengingatkan teman Anda bahwa menyontek itu memalukan.
*) Penafian:
-Kunci jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua atau wali untuk memandu proses belajar siswa.
– Siswa diharapkan berlatih soal terlebih dahulu sebelum melihat kunci jawabannya.
(geosurvey.co.id/gabriella)