geosurvey.co.id – Inilah kunci jawaban lengkap UKPPPG Topik 1 Modul 1.
Pada saat mengikuti Ujian Peserta Pelatihan Guru (UKPPPG) 2024, guru diminta menjawab pertanyaan pada Unit 1 mata pelajaran.
Artikel ini akan memberikan Kunci Jawaban UKPPPG Topik 1 Modul 1 untuk peserta PPG Daljab 2024.
Soal UKPPPG Topik 1 Modul 1 dibawah ini dapat dijadikan sebagai referensi belajar sebelum mengikuti ujian Daljob PPG 2024.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada kunci tanya jawab UKPPPG Proyek 1 Modul 1 yang dirujuk di bawah ini di YouTube I Gede Margunayasa. Kunci Jawaban UKPPG Topik 1 Modul 1
1. Pembelajaran dan penilaian tidak dapat dipisahkan. Sehubungan dengan hal tersebut guru dan siswa harus memahami keterampilan yang ingin diperolehnya, sehingga seluruh kegiatan pembelajaran berusaha untuk memperoleh keterampilan yang dimaksud. Hubungan antara pembelajaran dan penilaian digambarkan dan diilustrasikan melalui gambar berikut, kecuali…
A. Guru hendaknya memastikan bahwa tujuan pembelajaran sesuai dengan tingkat dan kebutuhan siswa berdasarkan hasil penilaian awal.
B. Guru dapat mengukur hasil belajar siswa di akhir pembelajaran jika diperlukan
C. Selama proses pembelajaran, guru dapat melakukan penilaian sumatif untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran telah dipenuhi siswa.
D. Guru hendaknya merancang penilaian yang dilakukan pada awal pembelajaran, pada saat pembelajaran, dan pada akhir pembelajaran.
E. Proses pembelajaran hendaknya dilakukan apapun hasil penilaiannya, karena kreativitas siswa akan terpengaruh: B
2. Setelah memahami hakikat CP, sebaiknya guru mulai memikirkan apa yang harus dipelajari siswa dalam suatu unit dan memasukkannya ke dalam Tujuan Pembelajaran (TP) sebanyak-banyaknya.
A. Membangun TP berdasarkan CP
B. Membuat TP dengan menganalisis “Kapasitas” dan “Batas Sumber Daya” di CP
C. Buat TP di seluruh elemen
D. Rancang TP dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik
E. Membuat TP berdasarkan umpan balik pribadi dengan mempertimbangkan kebutuhan siswa: D
3. “Apa yang harus diketahui dan dipahami siswa pada akhir pengajaran?” Informasi ini harus diberikan oleh guru jika dia melakukan…
A. Merencanakan strategi pembelajaran
B. Merancang rencana pembelajaran
C.Mengevaluasi
Merencanakan kegiatan pembelajaran
E. Merencanakan Model Pembelajaran Jawaban : b
4. “Bagaimana cara merancang kegiatan pembelajaran agar peserta didik yang beragam dapat mencapai tujuan pembelajaran?” Ini adalah pertanyaan penting untuk dipertimbangkan di bagian ini…
A. Merencanakan model pembelajaran
B. Merancang rencana pembelajaran
C.Mengevaluasi
Desain proses pembelajaran
E. Merencanakan strategi pembelajaran Jawaban : D
5. Langkah-langkah dalam merancang rencana pembelajaran berbasis prinsip (UbD) meliputi…
A. Merencanakan penilaian, merancang kegiatan, dan program pengajaran
B) Desain penilaian, perencanaan program dan desain pembelajaran
C. Merancang kegiatan, menetapkan tujuan, dan merancang penilaian pembelajaran
D. Merencanakan, merancang dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran
E. Penetapan tujuan, rancangan penilaian dan kegiatan pembelajaran Jawaban: E
6. Dalam setiap mata pelajaran terdapat sejumlah hasil belajar (CP) sebagai keterampilan belajar yang harus dicapai siswa pada setiap semester. Format CP memberikan gambaran umum tentang tujuan umum dan waktu yang tersedia untuk mencapai tujuan tersebut dalam enam langkah yang disebut fase. Penggunaan komponen CP dalam perencanaan pembelajaran dapat dijelaskan sebagai berikut, namun…
A. Izinkan guru untuk bekerja sama dalam satu sesi untuk merancang pembelajaran yang efektif bagi siswa
B. Mendorong guru untuk fokus pada pencapaian CP akhir semester daripada pengembangan siswa dan kesinambungan pembelajaran antar kelas.
C. Memungkinkan guru menyampaikan pembelajaran berdasarkan kesiapan siswa
D. Guru dapat dengan mudah merancang dan melaksanakan pembelajaran
E. Memastikan siswa mahir dalam belajar
7. Hasil pembelajaran (CP) dapat dikembangkan berdasarkan teori pembelajaran dan kurikulum dengan pendekatan design-by-understanding (UbD) yang dikembangkan oleh Wiggins & Tighe (2005). Dalam kerangka konseptual ini, “pengetahuan” adalah kapasitas yang dikembangkan melalui proses pembelajaran dan pengalaman yang memungkinkan siswa untuk memahami, menafsirkan, dan menggunakan informasi, menggunakan perspektif yang berbeda, dan memahami suatu situasi. Untuk itu pernyataan yang benar dalam kurikulum Merdeka adalah…
A. Setting akademik tidak digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran berbasis CP atau CP
B) Tata bahasa akademik tidak menggunakan kata kerja khusus
C. Memberi guru hak untuk mengikuti teori pendidikannya sendiri
D. Menurut definisinya, ini adalah proses mental yang kompleks, bukan proses berpikir tingkat rendah yang sederhana
E. Berpikir bahwa “pengetahuan” itu mungkin terjadi tanpa mendalami proses pembelajaran dan pengalaman serta tanpa mempunyai kesempatan untuk menafsirkan, menafsirkan, dan menggunakan informasi dari sudut pandang yang berbeda.
8. “Bagaimana saya mengetahui bahwa mata kuliah tersebut telah mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan?” Pertanyaan-pertanyaan ini sebaiknya ditanyakan oleh guru ketika melakukan…
A. Merencanakan model pembelajaran
B. Merancang rencana pembelajaran
C.Mengevaluasi
Desain proses pembelajaran
E. Merencanakan proses pembelajaran Jawaban : c
9. Pernyataan tentang penilaian pertama berikut ini salah karena…
A. Proses penilaian yang utama adalah memperoleh skor prestasi akademik yang dibandingkan dengan standar prestasi akademik tertentu
B) Hasil penilaian awal dapat dijadikan dasar untuk mengambil tindakan perbaikan berupa intervensi yang tepat.
C. Hasil penilaian awal untuk mengetahui tingkat kemampuan, kelebihan dan kelemahan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.
D. Penilaian awal dapat digunakan untuk mengetahui kebutuhan belajar siswa yang beragam
E. Hasil penilaian awal digunakan untuk memetakan minat, kelebihan, dan kesiapan belajar siswa.
10. Pernyataan tentang kriteria pemenuhan tujuan pembelajaran (KKTP) berikut ini benar…
A. Hasil KKTP dapat digunakan untuk merefleksikan proses pembelajaran dan menganalisis tingkat kompetensi siswa.
B. KKTP merupakan standar penentuan ketercapaian tujuan pembelajaran (TP).
C. KKTP dapat disusun dengan metode rubrik
D. KKTP dapat dikonfigurasi dengan menentukan kriteria dan kolom nilai
E.Kunci Jawaban yang Benar :E
*) Disclaimer: Kunci Jawaban UKPPPG Proyek 1 Modul 1 Dalam Pembelajaran Artikel ini hanya diperuntukkan bagi guru yang mengambil PPG Daljob 2024 untuk melakukan PMM.
(geosurvey.co.id/M Alvian Fakka)