geosurvey.co.id – Inilah Kunci Jawaban (TaRL) UKPPPG Topik 3 Modul 1 Modul 1.
Pada saat mengikuti Ujian Kualifikasi Peserta Pendidikan Profesi Guru (UKPPPG) Tahun 2024, calon guru akan diminta menjawab soal UKPPPG Topik 3 Modul 1.
Artikel ini memberikan kunci jawaban UKPPPG Topik 3 Modul 1 Mengajar di Tingkat Tepat (TaRL) untuk peserta PPG Daljab 2024 atau guru PPG tertentu.
Mengajar di tingkat yang tepat (TaRL) adalah pendekatan pengajaran yang berfokus pada kemampuan siswa dan bukan hanya mengacu pada tingkat kelas.
Kunci Jawaban UKPPPG Topik 3 Modul 1 berikut ini juga dapat digunakan sebelum mengikuti Tes Bakat PPG Daljabi 2024.
Simak Kunci Jawaban dan Soal UKPPPG Topik 3 Modul 1 dengan mengutip YouTube I Gede Margunayasa di bawah ini. Kunci Jawaban UKPPG Topik 3 Modul 1
1. Saat merencanakan pembelajaran, guru dapat membedakan proses, isi dan produk. Variasi penggunaan pembelajaran berdasarkan pendekatan TARL yang dipilih adalah….
A. Tidak mungkin hanya menggunakan varian proses, varian material, dan varian produk
B. Hanya pembedaan material, proses dan produk yang kemungkinan tidak akan digunakan
C. Tidak mungkin hanya membedakan produk, proses dan bahan
D. Semua jenis variasi pembelajaran dapat digunakan, namun tidak semua dapat digunakan dalam satu pembelajaran yang sama
E. Variasi pembelajaran jenis apa pun boleh digunakan, namun pemilihannya disesuaikan dengan kebutuhan Kunci Jawaban : E
2. Hasil penilaian kognitif awal yang dapat digunakan guru : KECUALI…
A. Menetapkan tujuan pembelajaran
B. Menugaskan kelompok siswa
C. Menentukan kegiatan pembelajaran
D. Menentukan sarana belajar
E. Mengidentifikasi Sumber Belajar Kunci Jawaban : A
3. Pembelajaran berdasarkan pendekatan TaRL paling tepat digambarkan sebagai….
A. Pembelajaran sesuai dengan tingkat kelas siswa
B. Pembelajaran sesuai dengan usia siswa
C. Pembelajaran cocok untuk kemampuan awal siswa yang berbeda-beda
D. Pembelajaran responsif terhadap latar belakang budaya siswa
E. Pembelajaran sesuai kepribadian siswa Kunci Jawaban : C
4. Tujuan untuk melakukan penilaian formatif dalam pendidikan berdasarkan pendekatan TARL…
A. Mendapatkan informasi pribadi siswa
B. Memperoleh data kemampuan awal siswa
C. Mendapatkan statistik keluarga siswa
D. Memperoleh data minat dan bakat siswa
E. Memperoleh data prestasi siswa Kunci Jawaban : B
5. Hal-hal yang perlu diperhatikan guru dalam merancang kegiatan pembelajaran berdasarkan pendekatan TARL.
A. Kegiatan dirancang dengan mempertimbangkan siswa yang kurang mampu
B. Kegiatan dirancang dengan mempertimbangkan siswa dengan kemampuan rata-rata
C. Kegiatan Guru PPG Guru 2024 dirancang dengan mempertimbangkan siswa yang cepat dalam keterampilan lain: [EDUGOV]
D. Kegiatan dirancang dengan mempertimbangkan beragam kemampuan siswa
E. Kegiatan dapat dirancang tanpa mempertimbangkan kemampuan siswa Kunci Jawaban : D
6. Berikut hal-hal yang sebaiknya dilakukan guru pada saat membuat rencana penilaian awal, KECUALI…
A. Mengidentifikasi karakteristik siswa
B. Menentukan latar belakang keluarga siswa
C. Merencanakan bentuk penilaian yang akan diberikan
D. Membuat jadwal lokasi dan waktu penilaian
E. Merancang alat penilaian sesuai hasil pembelajaran Kunci Jawaban : B
7. Pak Adi mulai mengajarkan mata pelajaran baru kepada siswanya, namun ia belum mengetahui sejauh mana siswanya telah menguasai materi yang diperlukan.
Berdasarkan pertanyaan terbaru yang beredar di Cornersatu.id, pertanyaan mendesaknya adalah: Apa yang harus Pak Adi lakukan…
A. Wawancarai beberapa siswa tentang pengalaman belajar mereka terkait mata pelajaran penting ini
B. Rencana pelaksanaan penilaian utama untuk mengidentifikasi kemampuan utama siswa
C. Meminta kepada pihak sekolah informasi mengenai minat dan bakat siswa
D. Menyiapkan kegiatan pembelajaran yang mengantisipasi kebutuhan siswa
E. Mengajar dan mengoreksi bila ditemukan perbedaan kemampuan siswa: B
8. Sebagai seorang guru, Bu Devi memahami bahwa murid-muridnya mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, ia mengelompokkan siswa sesuai dengan kemampuannya.
Namun, ia menemui kesulitan dalam melaksanakannya karena setiap kelompok memiliki banyak pertanyaan. Berdasarkan pertanyaan terbaru yang dibagikan Cornersatu.id, pertanyaan yang membara adalah: Apa yang harus dilakukan Bu Devi…
A. Membantu setiap siswa secara bergiliran dan meminta siswa saling menunggu giliran
B. Memudahkan siswa untuk berkolaborasi dan berbagi ilmu sehingga dapat saling membantu dan menegaskan pemahamannya kepada guru.
C. Meminta siswa memberikan yang terbaik terlebih dahulu kemudian menjelaskan secara umum
D.Semuanya benar
E. Semua Kunci Jawaban Salah : A
9. Diberikan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Menentukan tujuan pembelajaran2. Memberikan penilaian awal terhadap kemampuan awal 3. Memberikan penilaian sumatif 4. Merancang kegiatan pembelajaran 5. Membuat sistem pendukung pembelajaran
Alur/langkah-langkah yang perlu diikuti guru untuk membuat RPP berbasis TaRL adalah…
A.1-2-4B. 1-3-5C. 4-3-2D. 1-2-3E. 3-4-5 Kunci Jawaban : A
10. Bu Desi sedang mengajarkan pelajaran perkalian. Ia menemukan beberapa siswa kesulitan mengikuti pembelajaran karena belum menguasai materi yang diperlukan. Di sisi lain, beberapa siswa mungkin dengan mudah mencapai tujuan pembelajaran.
Berdasarkan pertanyaan terbaru yang beredar di Cornersatu.id, arah pertanyaannya adalah sebagai berikut: Langkah apa yang sebaiknya dilakukan Ibu Desi pada pembelajaran selanjutnya untuk mengatasi permasalahan tersebut kecuali…
A. Mengembangkan diferensiasi konten
B. Merancang kegiatan pembelajaran yang berdiferensiasi
C. Menerapkan penilaian kognitif awal
D. Siapkan perkiraan perbedaan pola
E. Perumusan Variasi Produk/Proyek Kunci Jawaban : C
*) Disclaimer: Kunci jawaban soal tes pasca modul pada artikel ini hanya sebagai referensi bagi guru PPG yang mengerjakan PMM.
(geosurvey.co.id/M Alvian Facca)