geosurvey.co.id, SEOUL – LG Electronics (LG) kini telah menegaskan strateginya untuk memperdalam bisnis digitalnya dengan webOS berbasis AI.
Konfirmasi tersebut disampaikan LG pada WebOS 2024 Summit yang digelar di Incheon, Korea Selatan, pekan lalu dan dihadiri 300 peserta dari 140 perusahaan mitra, termasuk produsen, pengembang, dan penyedia, dari 24 negara.
Acara ini sekaligus merayakan 10 tahun peluncuran platform webOS untuk smart TV LG.
Bagi LG, AI webOS berperan penting dalam mentransformasi bisnis LG dari produsen elektronik konsumen menjadi perusahaan yang menyediakan solusi kehidupan cerdas.
Untuk mendukung transformasi bisnis, LG akan menginvestasikan 1 triliun won Korea, atau sekitar US$740 juta, untuk memperluas kemampuan platform webOS dan bisnis terkait.
LG juga akan memperluas pilihan konten dan layanan yang tersedia di platform AI webOS untuk memberikan pengalaman unik bagi pengguna TV LG di lebih dari 180 negara. Berbagai aplikasi webOS di sejumlah perangkat televisi pintar LG diperlihatkan kepada sejumlah awak media pada LG Global Media Tour 2024 di Icheon, Korea, Kamis, 26 September 2024.
TV LG kini menawarkan lebih dari 4.000 aplikasi, termasuk aplikasi untuk hiburan, olahraga di rumah, pendidikan, dan permainan.
Perluasan informasi dan layanan antara lain melalui penyediaan konten olahraga yang bekerjasama dengan perkembangan olahraga dunia.
Saat ini, platform webOS AI LG menawarkan 4.500 game, termasuk sejumlah game populer seperti GeForce NOW dan Amazon Luna.
LG bekerja dengan MediaTek dan Razer dan menggunakan teknologi Ultra-Low Latency (BT ULL) baru di Bluetooth untuk mengurangi input hingga 1ms yang tidak dapat dipahami saat menggunakan pengontrol game Bluetooth.
Teknologi ini juga dihadirkan pada WebOS Summit 2024 dan berpotensi meningkatkan pengalaman cloud gaming, memberikan kontrol yang lebih presisi kepada pengguna, dan membuat game menjadi lebih imersif.
LG baru-baru ini mengadakan hackathon untuk mengungkap game-game terbaru yang didukung oleh alat AI yang kompatibel dengan webOS AI.
Perusahaan juga menjalin kerja sama dalam pengembangan game dengan institusi pendidikan tinggi ternama, seperti Sungkyunkwan University dan New York University.
Pada webOS Summit 2024, LG juga memperkenalkan webOS Pay. Pengguna membeli konten dan layanan dengan AI webOS dengan cepat, nyaman, dan pribadi. Frank Lee, senior marketing PR manager LG Home Entertainment Brand Communications, menjelaskan kepada media berbagai aplikasi webOS di sejumlah televisi pintar LG pada LG Global Media Tour 2024 di Icheon, Korea, Kamis, 26 September 2024.
Sejak pertama kali diperkenalkan 10 tahun lalu, platform webOS LG telah terpasang di 220 juta unit smart TV, sekaligus memperkuat bisnis platform webOS melalui perjanjian lisensi dengan berbagai perusahaan lokal dan internasional.
LG pertama kali memperkenalkan webOS ke produsen TV lain pada tahun 2021, dan hingga saat ini telah diadopsi oleh lebih dari 400 model.
Saat ini dan di masa depan, LG akan memperluas ekosistem webOS ke perangkat infotainment otomatis, digital signage, smart monitor, gaming monitor, dan proyektor.
Melalui platform webOS, posisi LG di bisnis periklanan juga semakin kuat. Perusahaan ini diperkirakan akan mencapai pendapatan lebih dari 1 triliun won Korea pada tahun 2024 dari periklanan dan layanan webOS, atau empat kali lipat pendapatan pada tahun 2021.
“Bisnis webOS kami terus berkembang semakin kuat berdasarkan kerja sama yang erat dengan mitra kami yang berharga dan berfokus pada pemenuhan beragam kebutuhan pelanggan kami,” kata Park Hyeong-sei, presiden LG Home Entertainment Company.