Laporan reporter geosurvey.co.id Lita Febriani
geosurvey.co.id, JAKARTA – Indonesia, negara Muslim terbesar di dunia, mengirimkan calon jamaah haji setiap tahunnya.
Apalagi, di Arab cukup banyak orang yang melakukan perjalanan umrah.
Menanggapi kebutuhan kemudahan akses ke Tanah Nabi, Saudia Airline, maskapai penerbangan nasional Arab Saudi, menjadi tuan rumah Saudia Travel Expo ke-2 di Atrium Senayan City, Jakarta, Indonesia pada tanggal 18-20 Oktober.
Acara pembukaan ini akan menampilkan layanan dan inovasi terbaru Arab Saudi yang dirancang untuk pelanggan Indonesia.
Melalui pameran ini, Saudia berharap dapat menampilkan beragam layanan dan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar lokal.
Pengunjung berkesempatan untuk mengeksplorasi paket umrah dan haji, pilihan liburan keluarga serta mengenal berbagai destinasi wisata di Kerajaan Arab Saudi.
Faisal Alallah, Country Manager Saudia untuk Indonesia, Singapura dan Australia, mengatakan timnya sangat bersemangat untuk menampilkan layanan, inovasi, dan destinasi di Saudia Travel Expo.
“Arab Saudi telah memiliki hubungan yang erat dengan Indonesia selama lebih dari 43 tahun, yang semakin diperkuat dengan peluncuran rute kami baru-baru ini ke Medan, tujuan kedua kami di Indonesia setelah Jakarta. Hal ini mencerminkan komitmen kami untuk menjadi maskapai penerbangan global terkemuka di Indonesia wilayah. Hal itu diungkapkan Faisal dalam jumpa pers Saudia Travel Expo 2024 yang digelar di Jakarta Selatan, Kamis (17 Oktober 2024).
Pameran keliling tahun ini akan menandai tonggak penting dalam ekspansi Arab Saudi ke Asia Tenggara. Kerajaan ini bertujuan untuk memenuhi meningkatnya permintaan perjalanan antara Arab Saudi dan Indonesia dengan mengoperasikan empat penerbangan mingguan dari Jeddah dan Madinah, sejalan dengan tujuan Visi Saudi 2030 untuk meningkatkan konektivitas dan mempromosikan pariwisata.
Saudia menawarkan “Tiket Anda, Visa Anda”, layanan pertama yang memungkinkan pelanggan untuk tinggal di Arab hingga 96 jam dan menawarkan mereka kesempatan untuk menunaikan umrah.
Selain itu “Umrah by Saudia” juga memberikan bantuan lengkap meliputi bantuan visa, akomodasi dan transportasi.
Andri B. Bermawi, Presiden PT Ayuberga, agen penjualan umum Saudia Airlines, mengatakan pameran tahun ini sangat berbeda dengan pameran tahun 2023.
“Travel fair tahun ini memiliki fleksibilitas untuk mengakomodasi waktu perjalanan yang lebih lama dan tujuan penerbangan yang lebih banyak. Penumpang yang membeli tiket di travel fair tersebut kemudian bisa mendapatkan visa Saudi (tasheer) dan visa singgah langsung selama pameran berlangsung.” kata Andri.
Andri menambahkan, pihaknya akan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mendorong lebih banyak maskapai penerbangan Arab yang terbang ke wilayah lain di Indonesia.
“Saudi Air telah menjalin kerja sama yang lebih baik dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, salah satunya dengan menyelenggarakan tur keluarga dari biro perjalanan Arab Saudi untuk terbang ke kota-kota di Indonesia,” ujarnya.
Acara ini akan menampilkan seminar informatif dan pertunjukan budaya, serta keuntungan perjalanan eksklusif seperti cashback, refund tanpa bunga, promosi, dan hadiah untuk maksimal tiga pemenang.
Direktur Retail Banking BSI Harry Gusti Utama mengatakan, pihaknya akan mendukung Saudi Travel Expo tahun ini dan juga tahun lalu.
“Tentunya pada tahun ini kami telah melakukan penyempurnaan dan penambahan promo cashback baik untuk transaksi kartu debit maupun kredit hasanah. Dan juga terdapat program pembiayaan baru dari BSI untuk program umrah dan haji, sehingga akan ada diskon khusus yang juga diberikan oleh Saudia diskon dan cashback,” kata Harry.