Laporan jurnalis geosurvey.co.id Lita Febrianiova
geosurvey.co.id, JAKARTA – Penjualan mobil bekas masih panas dengan tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan mobil baru.
Meski belum ada angka sebenarnya, Lembaga Penelitian Ekonomi dan Sosial Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) mencatat penjualan mobil tahun lalu mencapai 1,4 juta unit, dibandingkan tahun 2013 yang hanya 0,5 juta unit. unit. satuan. .
Pertumbuhan ini berarti bisnis yang berhubungan dengan mobil bekas, seperti layanan pemeriksaan kendaraan, juga berkembang pesat.
PT Otospector Global Indonesia yang memberikan jasa pemeriksaan kendaraan pada tahun 2016 semakin merambah pasar bisnis jasa otomotif.
“Kami telah berkendara selama delapan tahun dan sejauh ini telah memeriksa lebih dari 70.000 mobil dan memberikan garansi lebih dari 50.000 mobil,” kata pendiri dan CEO Otospector Jeffrey Andika di Jakarta, Kamis (22 Agustus 2024).
Rata-rata, Otospector dapat memberikan garansi lebih dari 7.000 mobil setiap bulannya. Saat ini perseroan juga menjalin kerja sama dengan lebih dari 300 showroom mobil dan 9 perusahaan sponsor pembelian mobil bekas.
Karena semakin banyak jaminan yang dikeluarkan dan semakin banyak pelanggan yang mengajukan keluhan, Otospector memutuskan untuk membuka pusat pengaduan.
“Tujuannya untuk mempermudah proses klaim bagi pelanggan kami. Sebelum adanya pusat klaim, pelanggan biasa menghubungi contact center kami dan kami mendatangi lokasi kendaraan klaim dalam waktu 2×24 jam.” Center ini memberikan dua pilihan kepada pelanggan, mereka bisa meminta cek gratis. Kami datang ke pelanggan atau pelanggan bisa membawa mobilnya ke sini, ”jelas Jeffrey.
Otospector Claims Center berlokasi di Mangga Square 2, Lantai Bawah Lot HL 08, Jalan Gunung Sahari Raya No. 1, Jakarta Utara.
Pelanggan dapat menyelesaikan proses garansi dari awal hingga akhir tanpa harus melakukan perjalanan, sekaligus memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi konsumen Otospector.
Mekanismenya, konsumen yang kendaraannya bergaransi Otospector dan mengalami kerusakan atau malfungsi cukup membawa kendaraannya ke klaim center Otospector di Mangga Square 2 Jakarta.
Inspektur memeriksa kendaraan, kemudian memperbaikinya di bengkel rekanan dan konsumen akan membawa kendaraan tersebut ke pusat klaim.
Jeffrey menjelaskan: “Otospector Claims Center mampu menangani tiga kendaraan sekaligus. Beroperasi dari Senin hingga Sabtu pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Proses klaim Otospector di Claims Center juga tidak dikenakan biaya atau tidak dipungut biaya apa pun”. .
Biaya pemeriksaan sepenuhnya ditanggung oleh Otospector. Sedangkan perkiraan waktu perbaikan berbeda-beda tergantung tingkat kerusakan kendaraan masing-masing pelanggan.
Banyak platform jual beli mobil bekas yang menawarkan jaminan
Seiring berkembangnya pasar mobil bekas, dealer pun ramai menawarkan beragam layanan inovatif. Yang terpenting, mereka menawarkan garansi untuk setiap pembelian peralatan yang mereka jual.
Platform pencarian dan pembelian mobil bekas juga menggunakan jaminan untuk menyediakan mobil yang aman dan nyaman digunakan.
Platform penjualan mobil bekas Carsome juga memberikan garansi 1 tahun untuk setiap mobil yang dibeli konsumen, mulai dari garansi mesin, transmisi, hingga AC.
Platform jual beli mobil lainnya, Otoklix, juga memberikan garansi bernama Otoklix Garansi yang didukung 200 showroom.
Garansi merupakan hal yang penting saat membeli mobil bekas karena membantu melindungi mobil bekas dari kerusakan akibat pemakaian sebelumnya.