Reporter geosurvey.co.id Eko Sutriyanto melaporkan
geosurvey.co.id, JAKARTA – Industri game di Indonesia mencatatkan angka pertumbuhan yang luar biasa.
Menurut Statista, pasar gaming Indonesia tahun ini diperkirakan akan mencapai pendapatan sebesar US$ 367 juta atau setara Rp 5,789 triliun dengan perkiraan 192,1 juta pemain pada tahun 2025.
Asosiasi Gaming Indonesia (AGI) mencatat sektor gaming di Indonesia telah menjadi pilar utama ekonomi digital dan jumlah pemainnya terus bertambah.
Perkembangan game di Indonesia tidak hanya terjadi di pasar dalam negeri saja, namun telah menarik perhatian pasar global, sehingga banyak perusahaan game Indonesia yang berhasil memasuki pasar internasional.
Misalnya saja Toge Productions dan game populernya seperti Coffee Talk dan Necronator: Dead Wrong serta banyak perusahaan game Indonesia juga berhasil menarik investasi dari perusahaan game global seperti Tencent.
Namun, industri game masih menghadapi tantangan seperti penempatan staf, pendanaan, dan pemasaran.
Sayangnya, terungkap saat ini pengembang lokal hanya mampu menguasai 0,5 persen pangsa pasar lokal, sedangkan sisanya masih dikuasai pengembang asing.
Fakta inilah yang membuat ATTN Holding dengan bangga mempersembahkan kesuksesan terbarunya untuk pertama kalinya melalui Indonesia Games Festival 2024 atau IGF 2024 yang akan digelar di ICE BSD, Hall 3A, Tangerang, Banten pada 6 hingga 8 Desember 2024.
Edward Arifin, selaku Direktur Proyek IGF 2024 mengatakan, ajang ini merupakan awal dari pengembangan sektor olahraga Indonesia, menekankan pada upaya melaksanakan dan melaksanakan Kebijakan Pemerintah (Perpres) No. 19 Tahun 2024.
“IGF 2024 akan menjadi ajang gaming terintegrasi yang menampilkan pameran dari perusahaan gaming lokal dan internasional, yang menghubungkan langsung brand dan pengguna gaming,” kata Edwards dalam keterangannya, Senin (28/10/2024).
Dikatakannya, IGF 2024 merupakan festival gaming terintegrasi yang menampilkan pameran dari berbagai perusahaan gaming lokal dan internasional, yang menghubungkan langsung brand dan pengguna gaming.
“Kami berharap kesempatan dan rangkaian kegiatan menarik yang dihadirkan dapat menyenangkan seluruh pecinta olahraga di Indonesia dan mendorong perkembangan sektor olahraga di tanah air.