Laporan geosurvey.co.id oleh jurnalis Rita Febriani
geosurvey.co.id, JAKARTA – Dalam kondisi perekonomian yang sangat sulit, penjualan ritel mobil secara nasional mencapai 657.000 unit pada kuartal III-2024.
Produsen mobil Daihatsu meraih penjualan ritel sebanyak 129.848 unit pada Januari hingga September 2024, berkontribusi 19,8 persen terhadap pasar mobil dalam negeri.
Tulang punggung penjualan Daihatsu terus ditopang oleh Sigra yang terjual sebanyak 42.781 unit pada bulan ini dengan pangsa pasar sebesar 33%.
Di posisi kedua adalah model komersial perusahaan, pikap Grand Max, dengan 31.564 unit, menyumbang 24% dari total penjualan Daihatsu, disusul Terios, dengan 15.604 unit atau menyumbang sekitar 12%.
Manajer Pemasaran dan Hubungan Pelanggan PT Astra International Tbk Divisi Penjualan Daihatsu Tori Muryono memperkirakan pasar mobil Indonesia terus tumbuh.
“Perusahaan kami fokus dalam memberikan layanan penjualan dan purna jual, salah satunya dengan memberikan penawaran khusus hingga akhir tahun melalui DAIFEST 2024, dan kami siap membantu pelanggan untuk memiliki mobil baru Daihatsu ” ujarnya. Tori, Kamis (10 Oktober 2024).
Daihatsu Sigra merupakan model LCGC Daihatsu yang sangat populer di kalangan konsumen, dengan pangsa 59% di segmen MPV LCGC.
Selain itu, Gran Max Pick Up memiliki pangsa 57% di segmen Pick Up Low, sedangkan Gran Max Mini Bus populer di segmen semi-komersial dengan penjualan 10.627 unit dan pangsa 91%.