Reporter Tribune.com Lita Febriani melaporkan
geosurvey.co.id, BOGOR – Penjualan segmen pikap 4×4 dual-cab turun sekitar 22 persen selama periode Januari-Juli 2024 dibandingkan tahun lalu.
Di tengah lesunya pasar, PT Mitsubishi Motors Krama Juda Sales Indonesia (MMKSI) justru memperkenalkan model baru dari Triton di GIIAS 2024 Juli lalu.
Direktur Penjualan dan Pemasaran MMKSI Yoshio Igarashi membenarkan segmen pikap 4×4 memang mengalami penurunan dibandingkan data Gaikindo.
Benar ada pengurangan lebih dari 20 persen karena harga produknya juga diturunkan, kata Igarashi saat test drive Mitsubishi All New Triton di Bogor, Jawa Barat, Senin (09/09). /2024).
Selain terpuruknya pasar dalam negeri akibat material, Mitsubishi sendiri juga menghadapi kendala pasokan. Sedangkan pasokan Triton sempat terhenti beberapa waktu lalu sehingga berdampak pada penjualan
Katanya: “Ada hal lain yang menyebabkan kendala pasokan atau impor kendaraan ini karena diimpor dari Thailand. Jadi ada kombinasi dari kedua faktor tersebut.”
Untuk meningkatkan penjualan di segmen ini, MMKSI mulai berekspansi ke konsumen gaya hidup dibandingkan pasar perkebunan dan pertambangan yang sudah lama beroperasi.
“Triton bergerak di bidang bisnis seperti pertambangan dan perkebunan atau persewaan, namun kami telah memperluas pasar tersebut lagi untuk fokus pada pasar konsumsi rumah tangga dan menerima tantangan ekspansi di masa depan,” kata Igarashi.