geosurvey.co.id – Berikut contoh tanggapan Forum Merdeka Mengajar (PMM): “Pada tahap refleksi, bagaimana cara menemukan akar permasalahan yang ingin diatasi?”.
Pertanyaan-pertanyaan tersebut terdapat dalam Modul 2 Sistem Merdeka Mengajar (PMM).
Modul 2 berisi pengorganisasian data ke dalam satuan kajian.
Pada artikel ini contoh jawaban yang diberikan hanya sebagai pedoman atau acuan bagi guru yang mengalami kesulitan dalam menjawabnya.
Jawaban setiap pertanyaan tidak didasarkan pada contoh kunci jawaban ini. Pertanyaan post-test 2: Pada tahap refleksi, bagaimana cara menemukan sumber masalah yang perlu diatasi?
A. Melihat sumber data yang ada
B. Meneliti tingkah laku siswa
C. Memilih isu-isu yang dianggap prioritas
D. Mengidentifikasi indikator tingkat kedua dari indikator tingkat pertama suatu masalah yang memerlukan intervensi Jawaban:
D. Mengidentifikasi indikator tingkat kedua dari indikator tingkat pertama suatu masalah yang memerlukan intervensi. Diskusi:
Tahap refleksi dilakukan untuk menemukan rumusan perbaikan terhadap permasalahan yang muncul. Rincian fase meditasi adalah sebagai berikut:
1. Berdasarkan permasalahan yang ingin diatasi, Satuan Pendidikan dapat menemukan akar permasalahan pada setiap titik yang dipilih untuk diintervensi. Berbagai metode dapat digunakan untuk mengembangkan sumber permasalahan, dari yang paling sederhana hingga menggunakan analisis data yang kompleks.
2. Menemukan akar permasalahan, mulai dari indikator level 1 hingga indikator level 2 atau dimensi lainnya. Misalnya: permasalahan dari Indikator A.1 dapat ditemukan pada indikator A.1.1 dan dari dimensi D (proses) serta dimensi C dan E (Input).
3. Akar permasalahan dapat diketahui dengan melihat indikator Level 2 dari permasalahan yang telah teridentifikasi, dan dengan melihat indikator dari metrik lain yang kinerjanya kurang baik.
Untuk memilih penyebab masalahnya, Anda dapat mengikuti 2 langkah berikut:
Fase 1: Pilih indikator Level 2 dari masalah yang teridentifikasi. Jika semua indikator Level 2 berwarna hijau, pilih beberapa indikator dengan skor terendah.
Tahap 2: Pilih indikator dari skala lain Pilih beberapa indikator level 1 dari skala D yang berwarna merah atau kuning, serta yang sudah dipilih yang bermasalah; Jika semua indikator berwarna hijau, pilih beberapa indikator yang skornya paling rendah.
Setelah sumber permasalahan teridentifikasi, langkah-langkah yang paling efektif dan efisien dapat dirancang untuk memecahkan masalah secara komprehensif dan berkelanjutan.
*) Disclaimer : Contoh jawaban pada artikel ini hanya sebagai referensi bagi guru untuk menjawab pertanyaan terkait di forum Merdeka Mengajar. Jawaban dapat diubah sesuai dengan sifat masing-masing kegiatan pembelajaran.
(geosurvey.co.id/Latifah)