geosurvey.co.id – Berikut jawaban atas pertanyaan tentang pendekatan konstruktivis yang digunakan untuk mempertimbangkan hasil pembelajaran.
Guru dapat menemukan pertanyaan-pertanyaan di atas di Platform Merdeka Mengajar (PMM).
Kunci jawaban pada artikel ini hanya sebagai panduan bagi guru yang mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan serupa di PMM.
Pertanyaan: Pendekatan konstruktivis yang digunakan terhadap hasil belajar membawa pandangan bahwa…
Contoh jawaban:
Pendekatan pendidikan konstruktivis meyakini bahwa belajar adalah proses aktif di mana siswa mengkonstruksi pengetahuannya melalui pengalaman dan interaksi dengan lingkungan.
Dalam konteks hasil belajar, konstruktivisme menekankan bahwa peserta didik tidak hanya memperoleh informasi, tetapi juga menghubungkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada.
Beberapa poin penting dari pendekatan konstruktivis antara lain: Pembelajaran aktif: Siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran, melalui diskusi, kolaborasi, dan eksplorasi. Menghubungkan pengetahuan: Siswa diajak menghubungkan konsep-konsep baru dengan pengalaman dan pengetahuan yang telah dimilikinya sehingga pembelajaran menjadi relevan dan bermakna. Konteks sosial: Pembelajaran sering kali terjadi dalam konteks sosial di mana interaksi dengan teman sebaya dan guru merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Refleksi: Siswa didorong untuk merefleksikan pengalaman belajarnya. Peran guru: Guru berfungsi sebagai fasilitator yang mendukung dan membimbing siswa dalam proses pembelajaran, bukan sebagai satu-satunya sumber pengetahuan.
Dengan pendekatan konstruktivis, hasil pembelajaran lebih fokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan keterampilan berkolaborasi.
(geosurvey.co.id/Nurkhasanah)