Laporan Koresponden Tribune News.com Lita Fabriani
Tribun News.com, Jakarta – Penjualan mobil nasional dari pengecer atau dealer ke konsumen mencapai 580.000 unit selama 8 bulan, di tengah lesunya pasar.
Tercatat merek mobil Daihatsu mampu menjual 117.358 unit mobilnya ke konsumen dalam delapan bulan, atau tepatnya periode Januari – Agustus 2024.
Berdasarkan hasil penjualan, Daihatsu meraih pangsa pasar sebesar 20,1 persen di pasar roda empat nasional.
Kepala Pemasaran dan Hubungan Pelanggan PT Astra International Tbk. Sales Operation Daihatsu Tri Muliono mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan, dimana hingga Agustus penjualan ritel Daihatsu meraih hasil positif dengan pangsa pasar mobil nasional sebesar 20,1 persen.
Dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/9/2024), TRAI menyampaikan, “Semoga akuisisi ini dapat terus memotivasi kami untuk memberikan penawaran dan layanan yang lebih baik kepada konsumen, dan pasar otomotif akan terus tumbuh hingga akhir tahun. .bisa bertahan,” kata TRAI, Senin (9/9/2024). .
Dari segi volume dan kontribusi model, Daihatsu masih didominasi tiga model utama, yakni Astra Daihatsu Cigar sebanyak 38.837 unit atau kontribusi 33 persen, disusul Gran Max Pick Up sebanyak 28.222 unit atau 24 persen, dan Terios. .dengan 14.221 unit. unit, sekitar 12 persen.
Masing-masing model di atas juga mampu mendominasi pangsa pasar, dengan Cigar menguasai 60 persen pangsa pasar MPV LCGC.
Kemudian Gran Max Pick Up menguasai sekitar 56 persen segmen Low Pick Up dan Gran Max Minibus menguasai 92 persen segmen pasar Low Semi Commercial dengan total penjualan 9.488 unit.
Secara bulanan, penjualan Daihatsu pada Agustus juga mencatat peningkatan sebesar 2,1 persen dibandingkan Juli tahun lalu dan pertumbuhan ini lebih tinggi dibandingkan kenaikan pasar mobil nasional sebesar 1,6 persen.