Laporan reporter geosurvey.co.id, Reena Ayu
geosurvey.co.id, JAKARTA – Program Pemeriksaan Kesehatan Gratis (PKG) akan menggunakan aplikasi mobile Satu Sehat.
Namun sayangnya, masih terdapat keluhan bahwa aplikasi tersebut sulit diakses di ponsel.
Staf Spesialis Teknologi Kesehatan, Setiaji berpesan kepada masyarakat bahwa aplikasi seluler Satu Sehat telah diperbarui ke versi terbaru.
“Sebelum menggunakan Satusehat Mobile, pastikan Anda mendownload Satusehat Mobile versi terbaru dari Play Store atau App Store terkait,” kata Setiaji di Jakarta, Jumat (24/1/2025).
Oleh karena itu, bagi masyarakat yang sering mengalami tidak diterimanya email verifikasi saat ingin mendaftar akun seluler Satusehat, disarankan untuk memeriksa folder spam. Jika Anda tidak dapat menemukannya di folder spam, daftar dengan email lain yang Anda miliki.
Ada beberapa situasi di mana seseorang mungkin tidak dapat mendaftarkan akun, antara lain:
A. Data nama, NIK, dan tanggal lahir Anda tidak sesuai dengan data KTP dan/atau Dukcapil (Kependudukan dan Pencatatan Sipil).
Apabila terdapat perbedaan, Anda dapat mendatangi dan memperbarui data Anda ke Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) di alamat tempat tinggal atau rumah Anda.
B. Nomor telepon dan/atau email Anda sudah terdaftar di Satusehat Mobile. Jika nomor telepon atau alamat email Anda sudah digunakan, silakan gunakan nomor telepon dan/atau alamat email lain yang sesuai.
C. NIK Anda sudah terdaftar di Satusehat Mobile. Jika NIK Anda digunakan untuk pendaftaran, silakan login menggunakan email atau nomor telepon yang sebelumnya terdaftar pada NIK.
Jika tidak mengetahui email atau nomor telepon yang terdaftar, masyarakat dapat mengadu ke email [email protected] atau mengisi formulir pengaduan melalui https://satusehat.kemkes.go.id/mobile. / Hubungi kami (pilih kategori pengaduan “Akun”).
Dalam laporan tersebut, harap sebutkan rincian nomor telepon yang terdaftar dan nomor telepon baru serta persyaratan pembaruan.
Selain itu, Anda harus melampirkan bukti sah berupa pas foto beserta ID yang sesuai pada akun ponsel Satusehat Anda.
Apalagi, jika masyarakat gagal mengunduh sertifikat vaksin, Kepala Balai Alih Teknologi (TTO) menjelaskan beberapa hal untuk mengatasi kendala tersebut.
“Pertama, apakah pesan kesalahan ditampilkan? Jika ya, apakah Anda memberi tahu kami? Kedua, jika pesan error tidak muncul, apakah pengguna sudah memeriksa folder download di ponselnya?” jelasnya.
Kemudian untuk masalah akun lainnya, FAQ (FAQ), silakan akses informasinya melalui link https://satusehat.kemkes.go.id/mobile/faq/topic?categoryId=66a03477-fecd-4a34-a181-e8c0bf580beb .