geosurvey.co.id, JAKARTA – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) asal Indonesia yang tampil dalam Discovering The Magnificence of Indonesia (DMI) Tourism & Trade Expo 2024 di Belanda, mendapat respon positif dari pasar lokal.
Hal ini diketahui dari mitra UMKM Pertamina yang mencatatkan transaksi sebesar Rp 270 ribu atau lebih dari Rp 4,5 miliar pada hari kedua pameran.
Produk UMKM Kembang Korma Purbalingga dan UMKM Madu Denpasar Bali menjadi produk yang paling diminati pengunjung, khususnya pembeli Eropa dan diaspora Belanda.
“Ini bukti nyata perusahaan UMKM Indonesia mampu bersaing di kancah dunia. Dengan memanfaatkan momen seperti DMI 2024 ini, kami berharap produk lokal semakin dikenal dan diminati di pasar internasional,” kata Pertamina. Wakil Presiden perusahaan. Komunikasi, Fadjar Djoko Santoso, dikutip, Sabtu (30/11/2024).
Acara yang diadakan di Jaarbeurs, Utrecht – Belanda ini merupakan ajang strategis untuk mempromosikan potensi pariwisata dan memperkenalkan produk unggulan Indonesia ke pasar internasional.
Antusiasme masyarakat Belanda terhadap produk UMKM asal Indonesia terlihat dari banyaknya transaksi dan minat pembeli, terutama pada produk yang mengedepankan nilai budaya dan keberlanjutan. Komoditas seperti gula pasir, madu dan produk makanan, kerajinan tangan dan tenun menjadi favorit.
“Ajang DMI Tourism & Trade Expo 2024 akan terus berlangsung hingga akhir minggu waktu setempat. Hal ini memberikan peluang besar bagi UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan meraih prestasi baru,” tutup Fadjar.