Dilansir reporter geosurvey.co.id Lita Febriani
geosurvey.co.id, SURABAYA – Toyota Indonesia mengembangkan kenyamanan kendaraan niaga agar terasa seperti kendaraan penumpang melalui Hilux Rangga.
Pickup kabin tunggal ini memiliki desain yang benar-benar berbeda dibandingkan kompetitornya. Model mesinnya ditempatkan di kap mesin dan bukan di bawah jok pengemudi, sehingga menjadi pikap istimewa bagi para pecinta Toyota.
geosurvey.co.id mengikuti press test drive Toyota Hilux Rangga di Surabaya, Jawa Timur. Kami menguji model dengan opsi diesel bertenaga dan mesin bensin yang lebih senyap pada program ini.
Untuk model diesel dan bensin, tidak ada perbedaan pada desain eksterior. Namun interiornya sedikit berbeda antara kedua model tersebut.
Perbedaan model diesel dan bensin terletak pada lingkar kemudi, headrest hanya terdapat pada model bensin dan airbag samping penumpang juga hanya terdapat pada model bensin.
Kompartemen penumpang cukup nyaman dan luas, ruang kaki juga lebih nyaman karena lebih luas di sisi pengemudi dan penumpang.
Hal inilah yang menjadi nilai tambah Rangga karena kendaraan niaga menawarkan kenyamanan layaknya mobil penumpang dengan kabin yang lega.
Berbeda dengan pikap single cab, fitur AC pada Rangga sangat keren.
Meski hanya dinyalakan pada suhu rendah, namun lebih sejuk dibandingkan kondisi panas kota Surabaya.
Bagi mereka yang menyukai mobil berbahan bakar bensin sejak awal, pilihan mesin diesel akan menjadi pilihan yang baik.
Sedangkan bagi tribun yang ingin berkendara lebih santai dan nyaman, disarankan versi mesin bensin karena suara mesin lebih senyap dibandingkan mesin diesel.
Varian diesel menggunakan mesin berkode 2GD-FTV untuk transmisi A/T dan M/T. Mesin diesel VNT Intercooler 2.393 cc 4 silinder mampu menghasilkan tenaga 149 PS pada 3.400 rpm dan torsi sangat tinggi yakni 343 Nm pada 1.400–2.800 rpm untuk transmisi manual.
Versi otomatisnya mencapai 400 Nm pada 1600-2000 rpm. Ada manual 5 kecepatan di semua kelas dan otomatis 6 kecepatan pada model Diesel A/T Tinggi.
Sedangkan mesin berlencana 1TR-FE untuk varian bensin menggunakan mesin Dual VVT-i 1.998cc 4 silinder yang menyemburkan tenaga 139bhp pada 5.600rpm dan torsi 183Nm pada 4.000rpm.
Rangga yang digunakan dalam perjalanan uji coba ke Kota Surabaya itu memuat perbekalan dan pasir.
Saat melaju dengan kecepatan tinggi di trek zigzag dan jalanan bergelombang, Rangga cukup nyaman digunakan.
Dengan radius belok 4,9 meter di jalan sempit, mobil ini sangat baik untuk berbelok di ruang terbatas.
Hasilnya, Toyota Rangga akan menjadi penantang baru yang cukup tangguh bagi rival-rival yang ada.
Kenyamanan kabin, performa mesin serta transmisi manual dan otomatis akan menjadi pilihan nyata bagi calon konsumen yang salah.