geosurvey.co.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali mendapat penghargaan atas penerapan prinsip tata kelola perusahaan yang baik.
Baru-baru ini BRI dinobatkan sebagai Perusahaan Paling Terpercaya 2024 pada ajang Corporate Governance Index Event (CGPI) yang diselenggarakan oleh Institut Tata Kelola Perusahaan Indonesia (IICG) bekerja sama dengan Majalah SWA.
Penghargaan tersebut dilaksanakan pada tanggal 25 November 2024 di Hotel Shangri-La Ballroom, Jakarta, dengan mengangkat tema menciptakan kedewasaan perusahaan dalam kerangka tata kelola perusahaan.
A. Solichin Lutfiyanto, Chief Compliance Officer BRI menegaskan, penghargaan tersebut mencerminkan komitmen BRI dalam menerapkan tata kelola perdagangan yang kuat dan konsisten dalam menghadapi tantangan yang semakin meningkat.
Penghargaan ini menjadi bukti nyata BRI berhasil menjaga standar tata kelola terbaik melalui konsistensi dan dedikasi. Prinsip-prinsip GCG tidak diterapkan secara formal, namun telah menjadi bagian penting dalam penerapan budaya perusahaan BRI. “Hal ini akan memungkinkan BRI untuk terus tumbuh, memberikan nilai tambah kepada pemangku kepentingan dan mendukung perekonomian nasional secara berkelanjutan,” tegasnya.
Pada tahap evaluasi diukur 3 aspek yaitu struktur tata kelola, proses tata kelola dan hasil tata kelola, serta 24 indikator evaluasi lainnya. BRI sendiri telah mengikuti ajang CGPI Awards sejak tahun 2012, dimana skor kinerja GCG yang dimilikinya mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, hal ini menunjukkan komitmen perusahaan untuk menerapkan GCG secara konsisten dan berkesinambungan untuk mencapai hasil terbaik.
Pada penilaian tahun ini, BRI masuk dalam kategori “Sangat Terpercaya” dengan nilai tertinggi diraih oleh seluruh peserta ajang evaluasi CGPI. Perolehan skor BRI sebesar 95,31 membuktikan bahwa BRI merupakan perusahaan yang dinilai memiliki praktik tata kelola yang tinggi berdasarkan standar pengujian CGPI.
Selain itu, Solichin menambahkan, penghargaan tersebut tidak hanya sekedar simbol, namun juga menjadi penyemangat spiritual untuk terus berjuang mencapai prestasi.
“BRI meyakini tata kelola yang baik tidak hanya memperkuat posisi BRI sebagai lembaga keuangan terpercaya, namun juga membantu menciptakan nilai berkelanjutan bagi masyarakat dan pemegang saham,” ujarnya.
Perusahaan peserta CGPI 2023 telah memenuhi seluruh standar penilaian. Pada tahap evaluasi diri, kuesioner dikumpulkan dari 7300 responden yang mewakili 23 departemen perusahaan peserta dalam dan luar negeri. BRI mampu menunjukkan konsistensi yang tinggi pada seluruh parameter yang dievaluasi sehingga menjadi tolak ukur praktik tata kelola perusahaan di Indonesia.
Komitmen BRI terhadap penerapan GCG juga mencakup anak-anak perusahaan di BRI Group. BRI berhasil mendukung dan mendorong perusahaan-perusahaan anak untuk memperkuat penerapan GCG di masing-masing perusahaan anak. Hal ini tercermin dari peningkatan skor yang diterima BRI Infrastruktur pada CGPI Indonesia Trusted Companies Awards 2024 dibandingkan penilaian tahun lalu.